7 Ide Aktivitas Produktif Selama Liburan Bagi Mahasiswa 

7 Ide Aktivitas Produktif Selama Liburan Bagi Mahasiswa 

Memasuki Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 yang akan mulai efektif pada 19 Februari 2024 nanti, saat ini mahasiswa Telkom University sedang menjalani libur semester setelah selesai melewati masa Ujan Akhir Semester (UAS) beberapa waktu lalu.

Liburan merupakan waktu yang dinanti-nanti oleh setiap mahasiswa, termasuk mahasiswa Tel-U. Meskipun liburan seringkali identik dengan istirahat dan bersantai, namun menghabiskan waktu secara produktif dapat memberikan pengalaman yang menarik dan bermanfaat. Artikel ini akan memberikan beberapa ide aktivitas produktif selama liburan bagi mahasiswa Tel-U.

Berikut 7 Ide Aktivitas Produktif Selama Liburan Bagi Mahasiswa

1. Peningkatan Keahlian Digital

Mahasiswa Tel-U tentunya memiliki keahlian dari berbagai bidang karena beragamnya fakultas dan prodi yang ada. Untuk terus meningkatkan kompetensi di bidang yang ditekuni kalian bisa manfaatkan liburan untuk meningkatkan keahlian digital, misalnya dengan mengikuti kursus online, workshop, atau webinar terkait teknologi terbaru. Ini dapat membantu kalian mengembangkan kompetensi yang bermanfaat di dunia kerja di masa depan. Tel-U sendiri saat ini memiliki layanan Online Course Ware yang menye diakan beragam materi yang bisa dinikmati secara gratis di ocw.telkomuniversity.ac.id.

2. Proyek Kolaboratif

Ajak teman-teman kalian untuk bekerja sama dalam proyek kolaboratif. Proyek ini dapat berupa pengembangan aplikasi, desain grafis, atau proyek teknologi lainnya. Bisa juga membuat sebuah pengabdian masyarakat untuk menebar kebermanfaatan yang lebih luas bagi lingkungan. Kolaborasi ini tidak hanya meningkatkan keterampilan tim, tetapt juga menciptakan peluang untuk menciptakan

namun sesuatu yang bernilai serta memperluas networking.

3. Magang atau Praktik Kerja

Manfaatkan liburan untuk mendapatkan pengalaman praktik kerja atau magang di perusahaan yang sesuai dengan minat kalian, bisa perusahaan tenologi, manufaktur, media, dan sebagainya. Ini dapat

memberikan wawasan tentang dunia kerja sekaligus memperluas jaringan profesional Kalian. Tel-U memiliki banyak koneksi industri yang dapat membantu mahasiswa mendapatkan kesempatan ini.

4. Partisipasi dalam Kompetisi

Ikuti berbagai kompetisi atau hackathon yang diselenggarakan selama liburan. Ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk mengasah keterampilan teknis Kalian, tetapi juga dapat menjadi peluang untuk mendapatkan pengakuan dari industri atau masyarakat luas. Menjadi peserta atau juara dari beragam kompetisi, dapat mengasah mental kita menjadi lebih kuat dalam berkompetisi.

5. Pelatihan Soft Skill

Selain keahlian teknis, soft skills juga sangat penting dalam dunia kerja. Gunakan liburan untuk mengikuti pelatihan atau workshop yang fokus pada pengembangan soft skills, seperti komunikasi efektif, kepemimpinan, dan problem-solving. Kita perlu paham bahwa saat bekerja nanti, hal penting selain keahlian teknis adalah kemampuan bekerjasama dalam tim.

6. Menulis dan Berkontribusi pada Komunitas

Mahasiswa Tel-U dapat menyalurkan kreativitas mereka melalui menulis. Tulis artikel atau blog tentang pengalaman kalian, bisa juga membuat video YouTube untuk membagikan pengalaman kalian tentang berbagai hal. Untuk memahami sesuatu, salah satu cara paling efektif adalah mengajarkan kepada orang lain. Berkontribusi pada komunitas online atau mengikuti kegiatan volunteer di komunitas sosial juga dapat menjadi cara yang bermanfaat untuk mengisi waktu liburan.

7. Meningkatkan Skill Bahasa Asing

Pelajari atau tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Ini dapat membuka pintu kesempatan lebih luas di dunia internasional dan meningkatkan daya saing di pasar kerja global.

Dengan menguasai berbagai bahasa asing secara baik, kita mengakselerasi networking secara lebih luas, tidak lagi terhalang oleh batasan bahasa, serta membuat kita menjadi Global Citizen.

Liburan merupakan waktu yang berharga, dan memanfaatkannya secara produktif dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi mahasiswa TelUtizen. Dengan memilih aktivitas yang relevan dengan bidang studi dan minat pribadi, Kalian dapat melibatkan diri dalam pengalaman yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermanfaat untuk pengembangan pribadi dan profesional Kalian. Penulis: Abdullah Adnan | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *