Apa itu Desain Grafis? Berikut Kemampuan atau Skill Desain Grafis yang Wajib Kamu Kuasai 

Apa itu Desain Grafis? Berikut Kemampuan atau Skill Desain Grafis yang Wajib Kamu Kuasai 

Bandung, 18 Desember 2023 – Apakah kamu mempertimbangkan untuk menjadikan hobi atau passion seni yang dimilikimu sebagai profesi? Jika iya, sepertinya kamu sangat menikmati kegiatan seperti menggambar, visual editing, atau hanya karena senang mengekspresikan diri lewat sebuah visual kreatif. Sudahkah kamu memutuskan untuk berkarir di dunia industri kreatif sebagai apa? 

Kabar baik! Tak perlu lagi mencari-cari informasi tentang profesi yang cocok untuk kamu yang memiliki jiwa seni dan kreatif. Artikel ini akan mengajakmu untuk lebih mengenal salah satu profesi yang diminati di dunia industri kreatif, yaitu desain grafis. Ayo, baca sampai selesai. 

Definisi Desain Grafis 

Desain grafis merupakan bentuk komunikasi visual yang memadukan gambar, ilustrasi, tulisan, garis, dan elemen visual lainnya dalam suatu media, dibentuk melalui kreativitas seorang graphic designer. Sebagai seorang profesional atau spesialis, graphic designer adalah orang yang mengolah dan memanfaatkan elemen visual tersebut untuk menyampaikan pesan yang dimaksud. 

Dalam konteks yang berbeda, desain grafis merupakan gabungan dua istilah pokok. Kata desain merujuk pada pendekatan kreatif dalam merancang estetika, sementara grafis mengacu pada pengetahuan tentang perancangan titik dan garis yang berperan dalam menciptakan gambar informatif terkait dengan proses percetakan. Jadi desain grafis adalah ilmu yang berorientasi pada kreativitas untuk menciptakan suatu rancangan visual atau gambar. 

Tugas Graphic Designer 

Telah disinggung sebelumnya, desain grafis mengandalkan kreativitas graphic designer untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Lantas apa saja tugas dan tanggung jawab seorang graphic designer? Berikut list tugas dan tanggung jawab graphic designer: 

Berkolaborasi dengan tim untuk mencapai tujuan proyek. 

Melakukan sesi brainstorming bersama klien, memberikan masukan terhadap desain yang ingin dibuat sesuai dengan target pasar atau audiens yang dituju. 

Membuat rencana dan konsep dari segala informasi dan material yang diberikan oleh klien. 

Menggambarkan konsep dengan membuat sketsa awal dari ilustrasi beserta teksnya. 

Menyelesaikan proyek dan berkoordinasi dengan pihak luar seperti agensi, layanan seni, percetakan, dan lainnya. 

Menyusun segala bahan untuk diubah menjadi bentuk visual. 

Membuat bentuk-bentuk grafis seperti ilustrasi produk, logo, dan situs web. 

Melakukan pemeriksaan kualitas terhadap ilustrasi sebelum dicetak atau dipublikasikan sekaligus menguji grafik di berbagai media 

Memilih warna, gambar, font, dan layout. 
Melakukan revisi berdasarkan umpan balik dari klien. 

Membuat ilustrasi atau gambar yang mengkomunikasikan pesan dari suatu produk. 

Berinteraksi dengan klien atau art director untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang proyek yang diberikan. 

Menyajikan hasil ilustrasi kepada klien atau art director. 

Kemampuan atau Skill Desain grafis yang Wajib Dikuasai 

Apa saja kemampuan yang harus dimiliki oleh perancang visual? Untuk meraih kesuksesan sebagai seorang graphic designer, penting untuk mengasah keterampilan yang kuat dan relevan. Ini merupakan cara menjadi seorang graphic designer utama bagi mereka yang ingin membangun karir profesional dalam bidang ini.  

Kreativitas 

Kreativitas adalah salah satu soft skill yang sepertinya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari seorang desainer grafis. Di tingkat profesional, tingkat kreativitas yang tinggi sangat penting. Hal ini karena seorang desainer grafis akan terlibat dalam berbagai proyek yang beragam. Setiap proyek membawa konsep dan tema yang unik, sehingga kreativitas menjadi kunci untuk berhasil menghadapi tantangan tersebut. 

Jangan khawatir, mengembangkan kreativitas hingga mencapai standar profesional tidaklah terlalu sulit, tetapi memerlukan waktu dan latihan yang cukup. Kuncinya adalah konsistensi dalam mengamati referensi desain. Semakin banyak referensi yang kamu lihat dan coba, tingkat kreativitas akan semakin terasah seiring waktu. 

Komposisi dan Tipografi 

Pemahaman terhadap kedua prinsip ini memiliki peran penting dalam membantu kamu membuat desain yang berkualitas. Komposisi melibatkan pengaturan elemen-elemen visual, seperti keseimbangan, kontras, dan proporsi. Sementara tipografi merupakan seni memilih dan menyusun huruf atau teks sebagai elemen visual dalam desain. Dalam setiap produk desain, penerapan prinsip ini akan membuatnya terlihat lebih baik dan estetik. 

Skill Ilustrasi dan Menggambar 

Meskipun saat ini terdapat banyak platform yang menyediakan aset visual baik secara gratis maupun berbayar, memiliki keterampilan untuk membuat elemen visual yang diperlukan tetap menjadi nilai tambah. 

Mempunyai kemampuan untuk menciptakan elemen visual memberikan sejumlah manfaat. Gambar desainer menciptakan orisinalitas dan kesesuaian elemen visual dengan konsep dan tema yang diusung atau diinginkan klien. Hal ini akan membuatmu lebih leluasa mengerjakan setiap proyek. 

Penguasaan Software 

Penguasaan software desain dan editing sering dianggap menjadi nilai utama bagi seorang desainer grafis. Produk desain yang berkualitas dan profesional sering kali dibuat dengan bantuan berbagai software. 

Investasikan waktumu untuk memahami berbagai tools dalam software. Tren industri dan kebutuhan dapat berubah, oleh karena itu, memilih software yang sesuai sangat penting. Adobe Photoshop dan Illustrator, sebagai software wajib, dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Manajemen Waktu 

Faktanya, seorang desainer grafis seringkali harus menangani beberapa proyek sekaligus. Kemampuan untuk bekerja secara efektif, terutama dalam mengatur waktu, sangat penting. Jika tidak, kemungkinan besar kamu akan menghadapi kesulitan. Klien akan merasa tidak puas ketika proyeknya tidak diselesaikan tepat waktu.  

Problem Solving 

Saat terlibat dalam sesi brainstorming dengan klien, seringkali muncul momen kebuntuan atau stagnasi ide. Ada kalanya tema dan konsep yang diinginkan oleh klien sulit untuk dieksekusi. Inilah saatnya soft skill problem solving sangat diperlukan. Sebagai graphic designer, kemampuan memberikan solusi ketika menghadapi kendala ini menjadi salah satu tanggung jawab yang harus dipenuhi. 

Komunikasi dan Presentasi 

Kegiatan seperti brainstorming, kolaborasi tim, dan penyelesaian desain yang melibatkan orang lain memerlukan kemampuan komunikasi dan presentasi yang efektif. Keterampilan komunikasi ini tidak hanya terbatas pada penyampaian pesan melalui produk desain, tetapi juga mencakup kemampuan mendengarkan dengan baik untuk memahami kebutuhan dan keinginan klien.  

Prospek Karir Graphic Designer 

Karir yang menjanjikan menunggumu jika memilih untuk menjadi seorang graphic designer. Pasalnya, di era digital, desain grafis menjadi kebutuhan utama bagi semua brand dan perusahaan, terutama untuk keperluan pemasaran secara online.  

Tingginya aktivitas penggunaan media sosial oleh masyarakat turut memperkuat pentingnya peran desainer grafis dalam menciptakan produk visual yang menarik dan relevan. Alhasil, peluang berkembang dan sukses dalam karir ini semakin terbuka lebar. 

Perjalanan karir yang harus kamu tempuh sebagai seorang graphic designer dimulai sebagai junior graphic designer, graphic designer, senior graphic designer, sampai menjadi creative director/art director/studio manager. Bagaimana apakah kamu sudah merasa tertantang? 

Untuk informasi tambahan, dilansir dari Jobstreet, seorang graphic designer di Indonesia rata-rata menerima gaji sebesar Rp 4.780.000 hingga Rp 6.880.000. Belum lagi jika kamu masih memiliki waktu, kamu bisa mengambil pekerjaan tambahan sebagai seorang freelance. 

Kuliah Desain di Telkom University 

Bagaimana? apakah kamu semakin tertarik dan ingin mengejar karir sebagai graphic designer? Telkom University (Tel-U) menawarkan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) sebagai opsi yang relevan. Program ini merupakan bagian dari Fakultas Industri Kreatif (FIK) yang telah memperoleh akreditasi tingkat A. DKV di Tel-U tidak hanya fokus pada aspek seni semata, melainkan juga memberikan landasan dalam ilmu manajemen. Hal ini memberikan keunggulan kompetitif kepada lulusannya dibandingkan dengan lulusan DKV dari institusi lain. Klik disini untuk mendapatkan informasi tambahan terkait program studi ini. Bersama DKV Telkom University, raih karir cemerlang sebagai seorang graphic designer! 
Penulis: Muhammad Zabarrekha Assidiq | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *