Budidaya Sapi Perah Sebagai Olahan Pangan, Ide Kreatif Mahasiswa Tel-U Bagi Desa Sukamanah, Bandung Selatan 

Budidaya Sapi Perah Sebagai Olahan Pangan, Ide Kreatif Mahasiswa Tel-U Bagi Desa Sukamanah, Bandung Selatan 

Desa Sukamanah, berubah menjadi pusat inovasi dengan terlaksananya program ‘Budidaya Sapi Perah sebagai Olahan Pangan’ yang digagas oleh Tim Studi Kewirausahaan dari Fakultas Ilmu Terapan (FIT) Telkom University (Tel-U). Desa yang terletak di Kecamatan Pangalengan, Bandung Selatan, dengan luas wilayah 6,68 km², menjadi tujuan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh tim mahasiswa FIT, sejak 16 Agustus hingga 4 Desember 2023. 

Ide tersebut digagas oleh mahasiswa FIT Angkatan 2021, khususnya Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi. Mereka membentuk kelompok studi Group Kewirausahaan, yang dipimpin oleh Muna Fauziah Azzahra beranggotakan Saumi Rahmadhanti, Lia Gustiani, dan Joseph Kristian Tanudjaja, dengan Rochmawati, S.T., M.T. selaku dosen pembimbing. 

Kegiatan abdimas dimulai dengan sosialisasi, penyampaian materi mengenai kewirausahaan, pencatatan keuangan dengan disiplin ilmu akuntansi, dan digital marketing mengenai Instagram ads, dilanjutkan dengan implementasi dan pembuatan produk berupa Brownies Siram Susu (BROSISU), hingga melakukan pencatatan penjualan dan proses pemasaran secara digital. 

Azzahra menyampaikan, kegiatan ini tidak hanya tentang budidaya sapi perah, melainkan juga melibatkan pelatihan dalam pengolahan pangan. 

“Produk unggulan yang masyarakat hasilkan seperti brownies siram susu dan Stup Roti Susu Sapi Perah dihasilkan dengan tujuan meningkatkan keterampilan masyarakat dan meningkatkan status ekonomi, khususnya di rumah tangga, individu yang menganggur, dan usaha kecil menengah (UMKM).” Ucap Azzahra. 

Azzahra menambahkan, untuk dapat meningkatkan kesejahteraan desa, hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana masyarakat menggunakan potensi digitalisasi di Desa Sukamanah, melalui penggunaan pencatatan keuangan digital, pengelolaan data, dan pengelolaan aset digital. 

“Masyarakat sepakat, seperti yang terlihat dari hasil kuesioner dengan nilai 90%, bahwa program ini memberikan dampak positif yang signifikan dan dibutuhkan secara mendalam. Kami percaya Desa Sukamanah, dengan semangat inovatifnya, tidak hanya menciptakan harapan untuk kesejahteraan, tetapi juga memberikan inspirasi bagi desa-desa lain untuk menjalankan langkah serupa menuju masa depan yang lebih baik.” Jelasnya. 

Penulis: Wiranata | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *