Dukung Modernisasi Pada Sektor Peternakan Melalui Pengabdian Masyarakat di Desa Selaawi, Garut 

Dukung Modernisasi Pada Sektor Peternakan Melalui Pengabdian Masyarakat di Desa Selaawi, Garut 

Di Indonesia, sektor peternakan memiliki berbagai tantangan dan isu dalam melakukan budidaya hewan ternak. Permasalahan seperti kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pakan ternak, tingginya biaya pangan serta terbatasnya akses pada bahan pangan yang layak tentu menjadi permasalahan yang paling banyak dirasakan oleh para peternak.

Mengetahui permasalahan tersebut, Telkom University memiliki komitmen untuk memberikan solusi pada permasalahan di masyarakat sebagai bentuk kontribusi untuk bangsa dan masyarakat melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Oleh karena itu, Tel-U melakukan pengabdian masyarakat atau P2MD (Program Pemberdayaan Masyarakat Desa) di Desa Selaawi, Kabupaten Garut.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat berlangsung selama enam bulan yang terhitung sejak bulan Juli hingga bulan Desember 2023 dengan melibatkan tani ternak yang berlokasi di BPP Wilayah V Kabupaten Garut. Pelatihan ini diawali dengan mengimplementasikan teknologi berbasis website, termasuk pembangunan website, portal multimedia penyuluhan peternakan, dan pemetaan komoditas hasil ternak.

Elis menjelaskan bahwa masyarakat menyambut dengan positif kegiatan tersebut. Adanya media online berupa website, memberikan kemudahan kepada para peternak dalam mengakses informasi, pengetahuan, dan mempromosikan produk hasil ternak mereka. Penggunaan teknologi dan digitalisasi di sektor peternakan tentu saja memberikan manfaat jangka panjang dalam meningkatkan kesejahteraan para peternak dan masyarakat setempat.

Tim yang tergabung dalam melaksanakan kegiatan P2MD adalah mahasiswa Program Studi D3 Sistem Informasi Tel-U dengan didampingi oleh dosen pembina Elis Hernawati, S.T., M.Kom. yang beranggotakan Masmur Toloni Harefa Oky Fernandes Nadhif Arrafi Waltam Naufal Adhani Putra Cindy Yanuar Dwi Aji Annisa Lathifatul Sholeha Ghina Rosvita Maharanisa Nimas Ayu Sekar Sari Muhammad Mikail Gabril Haryo Nugrah Putra Tonatan.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan mampu menjadi landasan untuk pengembangan lebih lanjut di masa depan dan mendukung modernisasi pada sektor peternakan. Selain itu, upaya tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian peternak dan memberikan akses yang lebih baik terkait informasi dan pengetahuan.” Jelas Elis

Penulis: Aprillia Sekar | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *