Market Day 2023: Tingkatkan Keterampilan Kewirausahaan Mahasiswa 

Market Day 2023: Tingkatkan Keterampilan Kewirausahaan Mahasiswa 

Telkom University (Tel-U) menggelar kegiatan Market Day X MBKM Fair 2023 pada Rabu (6/12) di Lapangan Gedung Serba Guna Telkom University. Program kolaborasi ini merupakan bagian dari praktek kewirausahaan mahasiswa guna meningkatkan keterampilan dalam menjalankan sebuah usaha. Sebanyak 244 kelompok usaha yang dikelola oleh 2.766 mahasiswa dari 12 program studi ikut serta dalam memeriahkan kegiatan ini dengan membuka stan dan memasarkan produknya.  

Direktur Akademik Tel-U, Parman Sukarno, Ph.D didampingi oleh Muhammad Al Makky, S.Kom., M.T. (Kepala Bagian Pengembangan Akademik Tel-U) dan Adrio Kusmareza Adim, S.I.Kom., M.A. (Dosen Koordinator MK Kewirausahaan) membuka acara ini dengan pesan semangat entrepreneurial. Parman menyampaikan bahwa program Market Day 2023 ini tidak hanya tentang menjual produk, namun juga bagian dari membangun prinsip dan implementasi dari kewirausahaan  

“Harapannya acara ini menjadi sebuah experience bagi seluruh elemen yang terlibat sehingga kita dapat melihat sejauh mana esensi dari kewirausahaan di Telkom University ini,” ungkap Parman.  

Salah satu stan kelompok usaha mahsiswa yang ada pada Market Day 2023 ini adalah Oceco.id yang menghadirkan produk mode pakaian ramah lingkungan yang didesain menggunakan teknik eco-printing. Perwakilan kelompok usaha mahasiswa Oceco.id, Laura Anastasia (Mahasiswa Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Angkatan 2022) membagikan pengalamannya bagaimana rangkaian kegiatan Market Day memberinya berbagai pelajaran. Pengalamannya dalam mengelola usaha pada mata kuliah kewirausahaan ini menjadikannya banyak belajar tentang dunia usaha  

“Kami gak sebatas belajar jual-beli aja, tapi juga belajar bagaimana cara menyatukan banyak kepala menjadi satu tujuan, toleransi, managing perasaan dan hati, kolaborasi dan kekompakan.” ujar Laura.  

Penyelenggaraan mata kuliah Kewirausahaan sebagai bagian dari kurikulum yang wajib di universitas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha bagi mahasiswa. Market Day adalah salah satu implementasi dari misi Telkom University sebagai Research and Entrepreneurial University. Ini juga merupakan kontribusi Telkom University dalam memperkuat perekonomian negara.  
Penulis: Budhi Leksona Anwar | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *