Mengenal Sistem Pembelajaran dan Penilaian di Bangku Kuliah 

Mengenal Sistem Pembelajaran dan Penilaian di Bangku Kuliah 

Berbicara tentang perkuliahan, memasuki dunia kuliah merupakan sebuah pengalaman baru yang penuh dengan banyak hal menarik dan beragam, salah satunya adalah sistem pembelajarannya. Pembelajaran di bangku perkuliahan sistemnya sangat berbeda dengan yang selama ini dijalani di sekolah. Selain itu, sistem pembelajaran di perkuliahan umumnya dikenal lebih fleksibel dan khusus bergantung pada kebijakan masing-masing kampus. 

Bagi yang berencana melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan, kamu harus tahu bagaimana sistem pembelajaran dan penilaiannya di dunia kuliah. Kira-kira bagaimana sistem pembelajarannya ya? Bagaimana penilaiannya? Apa itu SKS dan IPK? Yuk, kita bahas! 

Universitas, Fakultas, dan Program Studi 

Sebuah universitas adalah lembaga pendidikan tinggi yang terdiri dari berbagai fakultas yang menawarkan program-program studi spesifik. Fakultas adalah bagian dari universitas yang menghimpun program studi pada bidang ilmu tertentu, seperti Telkom University memiliki Fakultas Komunikasi Bisnis (FKB), Fakultas Teknik Elektro (FTE), atau Fakultas Rekayasa Industri (FRI). Setiap fakultas memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan menyelenggarakan berbagai program studi atau jurusan. Program studi atau prodi adalah kurikulum yang disusun oleh fakultas untuk menyediakan pendidikan dalam bidang yang lebih spesifik, seperti prodi Ilmu Komunikasi (FKB) atau prodi Teknik Industri (FRI). 

Hal ini perlu diketahui agar dapat membantu calon mahasiswa memahami struktur dan dinamika pendidikan tinggi. Universitas menyelenggarakan berbagai fakultas yang kemudian menawarkan program-program studi kepada mahasiswa. Fakultas mengatur program studi dan menyediakan keahlian akademis dalam bidangnya, sementara universitas bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan mengelola operasional secara keseluruhan. 

Sistem Pembelajaran 

Sistem pembelajaran yang dilaksankan pada perkuliahan mengacu pada beberapa hal seperti jadwal pembelajaran dan jumlah sistem kredit semester (SKS). Rencana studi seorang mahasiswa akan tergantung pada jumlah SKS yang direncanakan pada semester tersebut. Semakin banyak kredit yang diperoleh, jadwal belajarnya akan semakin banyak. Biasanya dalam satu semester mahasiswa mengambil atau diprogramkan dengan 20-24 sks tergantung pada program studi masing-masing. 

Berbeda dengan masa sekolah yang setiap hari dari Senin-Jum’at masuk, perkuliahan tidak selalu begitu. Bisa jadi kamu memiliki kelas hanya pada hari Senin dan tidak pada hari Selasa bergantung pada jadwal kelas yang kamu ambil. Selain itu, ada yang namanya kelas pengganti dimana biasanya diadakan karena kelas kebetulan ada pada hari libur nasional. 

Sistem Penilaian 

Sistem penilaian yang berlaku di bangku perkuliahan umumnya menggunakan huruf seperti A, B, C, D dengan capaian pembelajaran yang diukur dengan Indeks Prestasi (IP) atau secara keseluruhan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Skala nilai dari indeks prestasi ini diukur dari 0 sampai 4, berbeda dengan sekolah yang menggunakan 0-100. 

Beasiswa 

Beasiswa merupakan penyaluran bantuan biaya yang dapat dimanfaatkan penerimanya untuk menempuh pendidikan yang diambil. Beasiswa perkuliahan cukup umum ditemui dan umumnya dapat diikuti oleh berbagai kalangan dengan syarat tertentu. Ada berbagai program beasiswa pendidikan yang disediakan banyak pihak seperti pemerintah, perusahaan, atau yayasan. 

Telkom University memiliki beberapa program beasiswa seperti Beasiswa Unggulan yang memberikan Gratis 100% Biaya Pendidikan hingga lulus dan Beasiswa Pintar yang memberikan potongan sebagian biaya pendidikan. Selain itu, Telkom University juga bekerja sama dengan berbagai mitra dalam menyediakan beasiswa untuk mahasiswanya. 

Magang dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) 

Magang dan Praktik kerja lapangan (PKL) adalah kegiatan mahasiswa dalam rangka mempraktikkan ilmu yang telah mereka peroleh selama perkuliahan dengan bekerja secara langsung di industri selama beberapa waktu. Tujuan magang atau PKL bagi mahasiswa adalah untuk membantu mahasiswa memiliki wawasan karier, memilih bidang karier yang sesuai, beradaptasi dalam lingkungan kerja, serta mampu mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahliannya. 

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 

Kampus Merdeka adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memberikan hak kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi dan berkegiatan di luar perguruan tinggi selama 2 semester. Jenis kegiatan yang tersedia di program Kampus Merdeka antara lain adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Kampus Mengajar, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Membangun Desa (KKN tematik), proyek kemanusiaan, riset atau penelitian, dan wirausaha. 

Telkom University telah berkomitmen menjalankan beberapa program yang ada di Kampus Merdeka sejak 2018. Selain itu, Telkom University juga mendukung berbagai program Kampus Merdeka yang dipilih oleh mahasiswanya. 

Penulis: Budhi Leksona Anwar | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *