Mengulik Kisah Inspiratif Dua Lulusan Sarjana Tel-U dengan IPK Tertinggi

Mengulik Kisah Inspiratif Dua Lulusan Sarjana Tel-U dengan IPK Tertinggi

Bandung, 28 November 2023  

Selama menjalani serangkaian perjalanan akademik, dua mahasiswa Telkom University (Tel-U) berhasil lulus dengan meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi pada Wisuda Periode I Tahun Akademik 2023/2024. Mereka adalah Muhammad Alfi Syahri Nasution dari jurusan S1 Informatika (Fakultas Informatika) dan Sherina Nindy Uli Gracia Sitanggang dari jurusan S1 Desain Komunikasi Visual (Fakultas Industri Kreatif). Keduanya memperoleh IPK yang nyaris sempurna, yakni 3,99 dari 4,00.  

Ketika ditanya terkait cara konsisten belajar hingga memperoleh IPK tinggi, Alfi memaparkan bahwa dirinya fokus untuk mengatur tujuan kuliah dari sejak awal serta mencoba belajar dan memperdalam ilmu dengan mempraktikkan langsung melalui lomba atau magang.  

“Karena saya anak Informatika, awalnya mencoba mempelajari dasar-dasar pemrograman di perkuliahan. Setelah itu mempraktikkan secara langsung dengan lomba atau magang, sehingga bisa mendapat pelajaran dan pengalaman. Melalui hal tersebut, dengan sendirinya saya bisa belajar secara konsisten karena harus mencapai goals diawal yang telah dibuat.” ucap Alfi.   

Menurut Alfi, dengan mengikuti perlombaan dan magang dirinya dapat mengetahui arah pekerjaan yang lebih disuka. Alfi sendiri mencoba beberapa perlombaan yang relevan dengan jurusannya, seperti lomba Business Plan dan Capture the Flag. Disamping itu, ia juga aktif untuk mengikuti banyak kesempatan magang, seperti di Mitra Tekno Madani sebagai Full Stack Developer selama dua bulan, sebagai Frontend Engineer di Garena Indonesia selama satu tahun, Backend Engineer di Tokopedia selama delapan bulan, dan yang terakhir di Pashouses sebagai Frontend Engineer selama enam bulan.  

Sementara bagi Sherina, cara dia untuk memaksimalkan proses belajar yakni dengan membuat rangkuman catatan materi. Catatan tersebut akan dipelajarinya ulang sebagai bahan belajar ketika akan menghadapi ujian serta untuk mempermudah dalam pengerjaan tugas yang lebih bersifat teoritis. Selain fokus dalam bidang akademik, Sherina juga aktif mengikuti organisasi komik dan sempat menjadi pengurus di bagian desain.  

“Dengan menjadi pengurus organisasi, saya jadi banyak belajar untuk bisa mengatur waktu, berdiskusi serta berkomunikasi dengan banyak orang hebat dan bertalenta. Mencari teman dan relasi merupakan hal penting di masa perkuliahan. Untuk semua mahasiswa Tel-U, enjoy your life to the fullest and set your goal.” ujar Sherina.  

Sejalan dengan itu, Alfi juga berpesan kepada mahasiswa lainnya agar mencoba untuk mengatur tujuan awal berkuliah. Dari tujuan tersebut kemudian dapat dirincikan lagi tahapan atau langkah-langkah seperti apa yang dapat dilakukan untuk mencapainya.  

“Cobalah untuk mencari lebih banyak teman karena relasi itu penting. Kita tidak akan pernah tahu akan dapat pengalaman atau pengetahuan dari siapa saja, sehingga kita perlu mencoba mencari banyak teman agar pengetahuan kita lebih meluas.” ujar Alfi. 

Penulis: Isnaini Amirotu N | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *