Pelepasan dan Penyambutan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 3   

Pelepasan dan Penyambutan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 3   

Bandung, 15 Januari 2024 – Telkom University (Tel-U) kembali merayakan keberhasilan dalam melaksanakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 3 dengan menyelenggarakan pelepasan mahasiswa Inbound dan penyambutan mahasiswa Outbound. Acara ini digelar di Gedung Damar Tel-U pada Senin (15/1). 

Sebanyak 44 mahasiswa Inbound dan 6 mahasiswa Outbound turut serta dalam PMM kali ini, mewakili hampir seluruh provinsi di Indonesia. Kegiatan PMM ini telah berlangsung sejak 18 September 2023 hingga 15 Januari 2024, menghadirkan berbagai kegiatan dan materi yang bertujuan untuk memperkaya pengalaman serta membangun persaudaraan antar-mahasiswa. 

Salah satu kegiatan utama dalam PMM adalah Modul Nusantara yang mencakup kegiatan kebhinekaan, refleksi, inspirasi, dan kontribusi sosial. Mahasiswa Pertukaran Merdeka mengikuti berbagai kegiatan, seperti kunjungan ke situs bersejarah di Bandung, pertunjukkan seni tradisional, Batik Workshop, Team Bounding, permainan suku Sunda, serta sesi refleksi dan inspirasi dari tokoh Sunda. 

Dalam bidang kontribusi sosial, para mahasiswa terlibat dalam berbagai proyek positif, seperti pembuatan website profil di Panti Yatim dan Dhuafa Al-Fitroh, sosialisasi pemilahan sampah di MI Sekolah Alam Gaharu, dan kegiatan lainnya yang mengedepankan kontribusi nyata kepada masyarakat. 

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Dadan Rahadian, turut hadir dalam acara tersebut dan menyampaikan bahwa PMM adalah kesempatan langka bagi mahasiswa untuk merasakan perbedaan dari berbagai latar belakang dan budaya yang ada di seluruh nusantara. Beliau menekankan bahwa perbedaan merupakan kekayaan bangsa Indonesia, dan pemahaman terhadap beragam budaya dapat meningkatkan persaudaraan yang lebih kuat di antara mahasiswa. 

Direktur Akademik, Parman Sukarno S.T., M.Sc., Ph.D., berharap bahwa kegiatan PMM ini dapat memberikan dampak positif baik bagi mahasiswa yang terlibat maupun bagi masyarakat yang menerima kontribusi sosial dari mereka. Beliau menambahkan bahwa pengalaman satu semester ini diharapkan dapat membentuk pribadi yang lebih baik dan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di masa depan. 

Penulis: Abdullah Adnan | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *