Pengertian Poster serta Ciri-ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Bagaimana Cara Membuatnya 

Pengertian Poster serta Ciri-ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Bagaimana Cara Membuatnya 

Telkom University – Di era sekarang ini, sebuah informasi dapat disajikan dengan beragam cara melalui berbagai medium. Salah satu bentuk komunikasi visual yang cukup populer dalam menyampaikan informasi secara efektif adalah poster. Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang pengertian beserta ciri utama poster, tujuan, fungsi, jenis, dan langkah-langkah praktis dalam membuatnya. Melalui pemahaman yang komprehensif tentang hal ini, TelUtizen dapat mengoptimalkan kemampuan dalam merancang poster yang tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga efektif dalam menyampaikan pesan yang ingin disampaikan. 

Pengertian Poster 

Poster merupakan medium publikasi yang menggabungkan tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya untuk menyampaikan ide dan gagasan dengan maksud memberikan informasi kepada khalayak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum, bisa berupa pengumuman atau iklan. Tidak hanya sebagai penyampai informasi, fungsi poster juga mencakup ajakan atau imbauan untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Poster umumnya dipasang di dinding atau lokasi strategis yang sering dilalui banyak orang agar lebih mudah terbaca. 

Tujuan dari poster dapat bervariasi sesuai dengan keinginan atau kepentingan pembuatnya, melibatkan aspek komersial, informasi publik, tujuan kemanusiaan, atau lainnya. Dengan berkembangnya zaman, poster tidak lagi terbatas pada format cetak saja, melainkan juga hadir dalam bentuk online. Karya seni grafis ini sering ditempatkan pada media datar seperti dinding atau permukaan yang datar dengan memanfaatkan beragam warna, gambar yang mencolok, dan slogan untuk menarik perhatian. 

Pengertian Poster Menurut Para Ahli 

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai: 

Poster adalah gabungan visual desain yang kuat, diperkuat dengan penggunaan warna-warna menarik, dan pesan yang dirancang untuk menarik perhatian masyarakat serta menanamkan ide yang berkesan dalam ingatan mereka. 

Azhar Arsyad: 

Sebagai media visual dua dimensi, poster mengandung gambar dan pesan singkat yang ditujukan untuk menyampaikan informasi khusus serta memengaruhi orang yang melihatnya. 

Sri Anitah: 

Poster adalah gambar yang mengintegrasikan unsur-unsur visual seperti garis, kata-kata, dan gambar, dengan tujuan untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan secara singkat. 

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: 

Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, poster dapat didefinisikan sebagai media yang terdiri dari simbol atau lambang kata berisi anjuran atau larangan yang sangat sederhana dan mudah dipahami.  

Ciri-Ciri Poster 

Sebagai media penyampaian pesan, poster memiliki ciri khas yang dapat dikenali. Beberapa ciri tersebut diantaranya adalah: 

Mengandung kalimat persuasif atau ajakan, bisa dalam bentuk slogan, untuk memotivasi tindakan atau respons tertentu. 
Menggunakan bahasa yang padat, singkat, jelas, dan mudah dipahami agar pesan dapat tersampaikan dengan efektif. 

Menggunakan kombinasi elemen-elemen seperti huruf, angka, simbol, dan gambar untuk menyampaikan pesan. 

Penggunaan tulisan yang jelas dan variasi gaya tulisan untuk menambah daya tarik visual. 

Biasanya didesain pada media kertas atau kain dengan motif yang menarik. 

Mengandung elemen visual seperti sketsa, lukisan, dan perpaduan warna untuk menambah daya tarik dan memperkuat komunikasi visual. 

Isi konten yang disajikan tidak bertele-tele.  

Mampu menarik perhatian orang dan meninggalkan kesan yang kuat meskipun dilihat sebentar saja. 

Bertujuan menyampaikan ide tertentu dan mencapai suatu tujuan pokok. 

Dipasang pada permukaan yang rata, di lokasi yang strategis, atau tempat umum agar dapat dilihat oleh banyak orang. 

Fungsi Poster 

Poster memiliki beberapa fungsi utama yang perlu dipahami, antara lain: 

Sarana Kreativitas Desainer: Poster memberikan peluang bagi para desainer untuk menuangkan kreativitas mereka. Proses perancangan poster melibatkan penggunaan elemen-elemen desain seperti warna, komposisi, dan tipografi, sehingga desainer dapat mengekspresikan ide-ide kreatif mereka.  

Media Penyampaian Informasi: Poster berfungsi sebagai media untuk menyampaikan informasi secara efektif. Dengan penggunaan warna, gambar, dan kata yang menarik, poster dapat membuat pembaca tertarik untuk memahami isi informasi yang disampaikan. 

Dapat Menjangkau Target: Poster memungkinkan promosi yang lebih tertarget karena dapat ditempatkan di lokasi-lokasi strategis sesuai dengan target market. Hal ini membuat informasi yang disampaikan lebih relevan dan dapat menjangkau audiens yang lebih spesifik. 

Media Promosi Barang atau Jasa yang Cenderung Ekonomis: Poster digunakan sebagai sarana promosi untuk memasarkan barang atau jasa. Dengan desain yang menarik, poster dapat memikat perhatian target market dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian atau mengambil tindakan tertentu. Pembuatan poster cenderung lebih ekonomis dibandingkan dengan menggunakan media promosi lainnya, seperti televisi atau radio. Hal ini membuat poster menjadi pilihan yang lebih terjangkau, terutama bagi pelaku usaha atau individu dengan anggaran terbatas. 

Jenis-Jenis Poster 

Poster memiliki variasi jenis yang berbeda tergantung pada isi serta tujuan pembuatannya. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa jenis poster: 

Poster Berdasarkan Isinya 

Jenis-jenis poster berdasarkan isinya dapat dibagi menjadi lima kategori, yaitu poster layanan masyarakat, poster kegiatan, poster karya seni, poster niaga, dan poster pendidikan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai jenis poster-poster tersebut. 

Poster Layanan Masyarakat 

Poster layanan masyarakat berisi informasi mengenai layanan-layanan yang ditawarkan kepada masyarakat, seperti layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat. Poster ini bertujuan untuk memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat. 

Poster kegiatan berisi informasi tentang suatu kegiatan yang akan diadakan. Tujuan dari poster ini ialah agar banyak orang mengetahui kegiatan tersebut dan ikut serta dalam meramaikan acara tersebut. 

Poster karya seni lebih bersifat ekspresif dan dapat diinterpretasikan secara berbeda oleh setiap individu. Poster ini biasanya digunakan untuk tujuan artistik atau pameran seni. 

Poster niaga berisi penawaran atau promosi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Tujuan dari poster ini adalah untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat dan meningkatkan penjualan. 

Poster pendidikan berisi informasi yang dapat memberikan arahan atau pendidikan kepada masyarakat. Poster ini bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan penting mengenai pendidikan kepada khalayak. 

Poster Berdasarkan Tujuannya 

Jika dilihat dari tujuannya, poster dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain: 

Poster kampanye sering muncul saat masa pemilu. Tujuannya adalah untuk meraih simpati masyarakat umum agar mereka memilih orang yang ada di dalam poster saat pemilu tiba. 

Poster kelas adalah poster yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada siswa. Biasanya, poster ini dipajang di dalam kelas-kelas di sekolah. 

Poster propaganda bertujuan untuk memberikan semangat atau motivasi kepada masyarakat dalam menjalani hidup dan lainnya, serta untuk memengaruhi orang lain. 

Poster afirmasi memiliki tujuan untuk memberikan motivasi kepada pembaca dengan kalimat yang dapat memengaruhi pikiran mereka. 

Poster film bertujuan untuk mempromosikan film terbaru yang akan tayang agar masyarakat tertarik untuk menontonnya. 

Poster ini dibuat untuk mencari seseorang atau benda yang dibutuhkan. Contohnya, poster perusahaan yang mencari pekerja, poster orang hilang, poster barang hilang, dan sebagainya. 

Poster “Cheesecake” 

Poster ini dibuat untuk mencari perhatian masyarakat umum. Biasanya berisi gambar-gambar orang terkenal seperti penyanyi, artis, dan sebagainya yang dapat menarik perhatian banyak orang. 

Poster komersial adalah jenis poster yang digunakan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasa dari suatu perusahaan. Poster ini sering disebut juga sebagai poster niaga. 

Poster komik dibuat untuk memopulerkan komik kepada masyarakat umum atau banyak orang agar tertarik untuk membacanya. 

Poster riset dibuat untuk memberikan informasi terkait kegiatan penelitian atau riset kepada banyak orang. Seringkali kita temui poster ini di sekolah atau kampus. 

Bagaimana Cara Membuat Poster yang Baik? 

Setelah mengetahui pengertian poster dan berbagai macam jenisnya, penting bagi TelUtizen untuk memahami cara membuat poster yang baik dan benar agar dapat menarik minat masyarakat umum. Berikut adalah beberapa langkah yang tepat dalam membuat sebuah poster: 

Menentukan Tema dan Tujuan Poster 

Langkah pertama sebelum membuat poster adalah menentukan tema dan tujuan dari poster tersebut. Jika poster ditujukan untuk promosi barang atau jasa, perlu dilakukan pertimbangan yang matang. Melakukan riset dan meminta bantuan desainer poster juga dapat membantu dalam pembuatan poster yang lebih menarik. 

Menentukan Kalimat yang Akan Ditulis di Dalam Poster 

Pemilihan kata-kata yang singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami sangat penting dalam poster. Informasi atau promosi yang terlalu panjang dan rumit akan membuat pembaca malas membaca poster sampai selesai. Oleh karena itu, pilihlah bahasa yang singkat agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan mudah. Jika ingin membuat poster promosi, pilihlah kata-kata yang dapat mempengaruhi pikiran pembaca. 

Menggunakan Gambar yang Menarik 

Kombinasi antara tulisan dan gambar yang baik akan membuat tampilan poster menarik bagi pembaca. Desain poster yang menarik dapat memberikan efek visual yang kuat. Pastikan proporsi antara gambar dan tulisan seimbang agar poster dapat menarik perhatian pembaca. –

Memilih Media Poster yang Tepat 

Pilihlah media pembuatan poster yang sesuai, seperti kertas, kain, atau bahan lainnya yang mendukung. Pemilihan media pembuatan poster juga harus sesuai dengan tempat penempelan poster tersebut. 

Berikut adalah contoh poster yang masuk ke dalam jenis poster kegiatan. 

Dengan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa poster memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi secara visual. Ciri-ciri, tujuan, fungsi, jenis, dan cara pembuatan gambar poster menjadi elemen kunci yang perlu dipahami sebelum membuat poster. Dengan memahami konsep ini, diharapkan TelUtizen dapat lebih efektif dalam mengkomunikasikan ide dan informasi melalui media poster dalam berbagai konteks akademis dan profesional. 

Penulis: Isnaini Amirotu N | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations | Content Research: Muhammad Ridha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *