Tel-U Berikan Pendampingan dan Peningkatan Literasi Tata Kelola Desa Wisata Bumiwangi 

Tel-U Berikan Pendampingan dan Peningkatan Literasi Tata Kelola Desa Wisata Bumiwangi 

Tim dosen dan mahasiswa Telkom University (Tel-U) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui skema program Desa Binaan yang dinaungi oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) Tel-U. Kegiatan abdimas ini bertujuan untuk pengembangan kompetensi masyarakat melalui literasi dan pendampingan implementasi tata kelola kelembagaan di Desa Wisata Bumiwangi, Kabupaten Bandung pada Kamis, (21/12).  

Desa Bumiwangi merupakan salah satu desa yang ditetapkan sebagai desa wisata. Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No.2 tahun 2022, Pasal 9 tentang Pemberdayaan Desa Wisata, terutama pada butir 1 tentang pembinaan tata Kelola desa wisata, diperlukan literasi dan pendampingan implementasi tata kelola kelembagaan Desa Wisata Bumiwangi. Sehingga ini menjadi latar belakang tim Tel-U, untuk melaksanakan abdimas di desa tersebut. 

Ketua tim abdimas, yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Dr. Majidah, SE., MSi menyampaikan bahwa pendampingan dalam meningkatkan literasi masyarakat diperlukan dalam tata kelola Desa Wisata agar pengelolaan bisa optimal. 

“Setidaknya ada sekitar 30 peserta yang mengikuti kegiatan abdimas ini, baik dari perangkat desa maupun pengurus desa wisata serta karang taruna. Harapan kami tentunya agar masyarakat yang mendapatkan literasi tata kelola desa wisata ini mampu melihat potensi yang ada di desa ini serta menerapkan tata kelola yang maksimal. Sehingga bisa meningkatkan jumlah kunjungan dari para wisatawan.” jelas Majidah. 

Adapun materi yang disampaikan pada saat kegiatan berlangsung mencakup: Deskripsi Desa Wisata; Dasar hukum Desa Wisata; Pembinaan Tata Kelola Desa Wisata dan Arahan Tahapan Pembinaannya; Tren Wisata dan Pengembangan Desa Wisata; Model Pentahelix;; Tipe dan Klasifikasi Desa Wisata, serta Struktur Organisasi dan Deskripsi Tugas.  

Para peserta aktif berdiskusi tentang topik yang disampaikan dalam kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan tahap awal yang akan dilanjutkan dengan pendampingan penyusunan dan implementasi tata kelola Desa Wisata Bumiwangi  

Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga diikuti oleh anggota tim dosen FEB yaitu Dr. Cahyaningsih, SE., MSi,. Ak., CA, dan beberapa mahasiswa diantaranya Ashriyani Fadhilah dan Rizki Riswanda. Hasil survei menunjukkan, kegiatan Abdimas dirasa bermanfaat dan masyarakat mengharapkan adanya kegiatan lanjut untuk pengembangan Desa Wisata Bumiwangi.  

Penulis: Abdullah Adnan| Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *