Tel-U Borong Tujuh Penghargaan Bergengsi di Anugerah Diktiristek 2023 

Tel-U Borong Tujuh Penghargaan Bergengsi di Anugerah Diktiristek 2023 

Jakarta, 13 Desember 2023 – Telkom University (Tel-U) berhasil memborong segudang penghargaan pada ajang Anugerah Diktiristek 2023 yang berlangsung pada Rabu (13/12) di Sheraton Hotel, Jakarta. Ini merupakan ajang apresiasi bagi pendidikan tinggi serta mitra industri yang berkolaborasi dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah berlangsung sejak tahun 2020.  

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam, memberikan pandangan atas perjalanan transformasi pendidikan tinggi selama empat tahun terakhir.  

“Transformasi pendidikan tinggi telah berlangsung akseleratif. Melalui program MBKM, kita berhasil mempererat hubungan antara kampus dan dunia industri. Kerjasama dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat telah menghasilkan banyak prestasi yang dirasakan oleh masyarakat dan industri,” ujar Prof. Ir. Nizam. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Ir. Suharti, MA, Ph.D., juga menyampaikan memberikan apresiasi kepada para perguruan tinggi serta mitra yang hadir karena telah bersinergi sejauh ini.  

“Kami ucapkan apresiasi setinggi-tingginya, kepada para undangan yang telah bekerja sama mendorong transformasi pendidikan tinggi melalui program MBKM. Melalui program tersebut, kita terus mendorong mahasiswa untuk belajar di luar kampus. MBKM telah mengasah keterampilan dari berbagai sisi, tidak hanya membangun karakter tetapi seluruh komponen dalam diri untuk menyiapkan diri menghadapi lapangan kerja,” kata Ir. Suharti. 

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Dadan Rahadian, bursama dengan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kerja Sama, Dr. Ir. Rina Pudji Astuti, M.T., serta Direktur Akademik, Parman Sukarno, Ph.D. turut hadir mewakili Tel-U menerima penghargaan. 

Dadan menyampaikan apresiasi kepada seluruh Sivitas Akademika Tel-U. Menurutnya penghargaan yang diberikan kepada Tel-U merupakan amanah dari para pemangku kepentingan yang selama ini bersinergi bersama Tel-U. “Penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras dan kolaborasi seluruh Sivitas Akademika. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kontribusi terhadap pembangunan bangsa, khususnya dalam mendukung program MBKM di masa mendatang” ujar Dadan. 

Tujuh penghargaan yang berhasil di raih Tel-U diantaranya ‘Gold Winner’ pada kategori Anugerah Humas dengan sub kategori Laman; ‘Gold Winner’ pada kategori Anugerah Kerja Sama dengan sub Kategori Kerja Sama dengan Industri Terbaik; ‘Gold Winner’ pada kategori Anugerah Kerja Sama dengan sub kategori Pemerintah dan NGO Terbaik; ‘Gold Winner’ pada kategori Anugerah Kerja sama dengan sub kategori Laporan Kerja Sama Terbaik; ‘Gold Winner’ pada kategori Anugerah PDDIKTI dengan sub kategori Pendataan Indikator Kinerja Utama (IKU) Bentuk Perguruan Tinggi Universitas Dengan Jumlah Mahasiswa 20.000-40.000; ‘Silver Winner’ pada kategori Anugerah Kelembagaan sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana Program Kompetisi Kampus Merdeka (PPKM) 2023 – Liga 1 – Regional 1; dan ‘Bronze Winner’ pada kategori Anugerah Kelembagaan sebagai Kelembagaan Perguruan Tinggi dengan Pengelola Beasiswa KNB 2023. 

Rektor Telkom University Prof Dr. Adiwijaya menyampaikan rasa syukur atas  pencapaian ini sekaligus mengingatkan bahwa ini merupakan amanah bagi  Tel-U untuk memperluas jaringan kerjasama  dan mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sehingga bermuara pada kebermanfaatan untuk msyarakat luas. 

“Kami (Tel-U) bersyukur dan akan terus berupaya menguatkan kolaborasi pentahelix untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang mengarah pada pembangunan berkelanjutan, memberikan lebih banyak informasi bermanfaat untuk masyarakat, dan memberikan akses seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk membangun skill dan kompetensi melalui kebijakan MBKM,” ujar Adi. 

Selain itu, Prof. Dr. Adiwijaya juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh sivitas akdemika, alumni, dan stakeholders Tel-U yang telah mendukung dan bekerjasama dalam berbagai program. 

“Terima kasih kepada seluruh Sivitas Akademika, alumni, dan  stakeholder yang bersama Tel-U terus memberikan kontribusi terbaik untuk memajukan pendidikan, riset, dan teknologi di Indonesia. Upaya ini perlu kita lanjutkan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa” tambah Adi. 

Penulis: Abdullah Adnan | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *