Tel-U Sambut Hari AIDS Sedunia dengan Seminar dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis 

Tel-U Sambut Hari AIDS Sedunia dengan Seminar dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis 

Kesadaran akan masalah kejiwaan dan perilaku berisiko pada remaja serta perilaku ramah lingkungan menjadi hal yang penting hingga saat ini. Berkenaan dengan hal tersebut, Telkom University (Tel-U) bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung serta Badan Pemuda dan Olahraga (BAPORA) Jawa Barat menggelar seminar dan pemeriksaan kesehatan dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia pada Jumat (1/12).  

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula lantai 4 Fakultas Ilmu Terapan Tel-U ini memberikan kesempatan bagi peserta yang hadir untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, serta screening dan konseling HIV/AIDS. Pemeriksaan tersebut dilakukan oleh tenaga media dari Puskesmas Bojongsoang, Puskesmas Dayeuhkolot, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung. 

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Keuangan & Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Terapan, Dr. Astri Wulandari dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung atas kepercayaannya kepada Tel-U untuk menjadi partner pada kegiatan ini. Beliau berharap dengan diselenggarakannya acara ini dapat memberikan banyak insight bagi TelUtizen terkait faktor dan risiko penyebaran HIV/AIDS serta cara pencegahannya. 

“Salah satu peran perguruan tinggi selain memberikan kualitas pendidikan yang baik juga berperan dalam memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, salah satunya terkait dengan masalah kesehatan dan kesadaran akan isu lingkungan hidup. Hal ini sesuai dengan purpose dari Telkom University, yakni “Contribute to the Nation dan The World”. Terselenggaranya acara kali ini merupakan bentuk dukungan yang diberikan oleh Tel-U, khususnya dalam menanggulangi HIV/AIDS.” ujar Astri.  

Turut memberikan sambutan pada kegiatan ini, Ketua BAPORA Jawa Barat Donny Wiratakusoemah. Beliau menyampaikan harapannya agar diskusi yang terselenggara dapat menjadi solusi dari masalah penanganan lingkungan dan kesehatan.  

“Dengan hadirnya kami hari ini, semoga mampu melahirkan kerja sama dan kemitraan untuk kegiatan-kegiatan positif lainnya di masa mendatang.” Ujar Donny.  

Tidak hanya pemeriksaan kesehatan, acara ini juga diisi dengan talkshow terkait kesehatan jiwa dan perilaku seksual berisiko serta dampak dari kerusakan lingkungan hidup terhadap kesehatan. Dua narasumber yang memberikan materi pada talkshow tersebut ialah dr. Elvine Gunawan, Sp.KJ (Mental Hub Indonesia) dan Kang Rizky (BAPORA Kota Bandung) dengan Rizqi Ghassani, M.I.Kom., RFP (BAPORA Jawa Barat) sebagai moderator.  

Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi seluruh Sivitas Akademika dan masyarakat umum untuk bersama-sama berkontribusi dalam menghadapi tantangan kesehatan global. TelUtizen, mari bersama-sama menciptakan generasi yang lebih sadar dan tanggap terhadap HIV/AIDS. 

Penulis: Isnaini Amirotu N | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *