Telkom University Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95

Telkom University Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95

Bandung, 28 Oktober 2023 

Telkom University (Tel-U) menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-95 di lapangan Gedung Pelampong, Sabtu (28/10). Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya hadir sebagai pembina upacara yang diikuti oleh ribuan Sivitas Akademika Telkom University dengan antuasias. 

Upacara Hari Peringatan Hari Sumpah Pemuda digelar sesuai dengan surat edaran pedoman pelaksanaan Hari Sumpah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dengan tema besar ‘Bersama Majukan Indonesia’, upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 merupakan upaya untuk mengingat sejarah Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928 sebagai salah satu awal persatuan bangsa menuju gerbang kemerdekaan dan menjaga kesatuan tersebut untuk memajukan Indonesia. 

“Sumpah pemuda adalah standar semangat kita sebagai satu kesatuan. Kita dalam dunia pendidikan bertanggung jawab mendidik mahasiswa sebagai pemuda bangsa ini sebagai generasi penerus untuk memimpin negara yang adil dan makmur. Untuk itu, kita bertanggung jawab menjadi teladan yang baik dan memberikan pendidikan karakter dan akhlak yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan,” ujar Adiwijaya. 

Dalam amanatnya, Prof.  Adiwijaya juga menjabarkan empat karakter yang harus ditanamkan bagi mahasiswa. Pertama, menjadi problem solver atau kemampuan untuk memecahkan masalah dan menjadi solusi dari permasalahan yang ada. Kedua, memiliki kemampuan self management sebagai fondasi kepemimpinan dan menjadikan mahasiswa sebagai pemimpin yang baik. Ketiga, kemampuan bekerja sama yang didorong dalam proses interaksi sehingga terbiasa bersinergi dan berkolaborasi untuk mencapai harmoni. Terakhir, karakter yang terbiasa dengan pengembangan penggunaan teknologi dan menjadi akselerasi untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Prof. Adiwijaya yakin, dengan tertanamnya empat karakter tersebut, maka pemuda dapat secara nyata andil untuk bersama memajukan Indonesia.

Penulis: Aqila Zahra Qonita | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *