Telkom University Menempati Klaster Tertinggi Pada Kinerja Penelitian dan Abdimas 

Telkom University Menempati Klaster Tertinggi Pada Kinerja Penelitian dan Abdimas 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemenristek RI) melalui Surat Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 1350/E5/PG.02.00/2023 tanggal 28 Desember 2023, tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, telah mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi tahun 2024. 

Klasterisasi tersebut berdasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode tahun 2020 hingga 2022. Data kinerja yang diperhitungkan merupakan data yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi meliputi data penulis (author), afiliasi (affiliation), artikel (article), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book). 

Klasterisasi ini bukanlah pemeringkatan, namun merupakan pengelompokan perguruan tinggi sesuai dengan kualifikasi kinerja perguruan tinggi sebagai dasar penyusunan peta jalan riset dan rencana strategis, serta sebagai landasan penentuan kewenangan pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi. 

Sejak tahun 2019, Telkom University telah menduduki klaster tertinggi yaitu klaster mandiri. Klaster mandiri merupakan klaster tertinggi Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi yang mendapat predikat ini diberi kewenangan untuk melakukan proses pembinaan, review, dan sebagainya untuk penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen. 

Berdasarkan data yang dikeluarkan pada surat keputusan tersebut, Kemenristek mengumumkan 943 klasterisasi perguruan tinggi penyelenggara pendidikan akademik yang terdiri dari, 47 perguruan tinggi dengan klaster mandiri, 194 perguruan tinggi klaster utama, 277 perguruan tinggi klaster madya, dan 425 perguruan tinggi klaster pratama. 

Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya menyampaikan selamat kepada seluruh sivitas akademika atas pencapaian di akhir tahun 2023, ini merupakan hadiah manis untuk Telkom University, yang memiliki visi menjadi perguruan tinggi berbasis riset dan entrepreneurial university. 

“Visi 2023 tersebut dibuktikan dengan kami (Tel-U) berhasil mempertahankan predikat klasterisasi tersebut, dan memasuki tahun 2024 ini, kami memiliki visi untuk menjadi Nasional Excellence Entrepreneurial University  di tahun 2028, dengan berkontribusi pada pemenuhan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Jelas Prof. Adiwijaya. 

Penulis: Wiranata | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *