Telkom University Menempati Peringkat 4 ASEAN Versi AppliedHE 

Peringkat Tel-U di Asia Melesat Pada Pemeringkatan QS AUR 2024

Lembaga pemeringkatan pendidikan tinggi terkemuka di Asia Tenggara, AppliedHE merilis hasil Peringkat Universitas Negeri dan Swasta yang menyoroti kualitas pembelajaran dan kemampuan kerja.  

Mengutip dari laman resmi appliedhe.com, AppliedHE merupakan salah satu lembaga pemeringkatan terkemuka yang berbasis di Singapura yang menilai perguruan tinggi swasta dari kualitas Pengajaran & Pembelajaran, Penelitian, Keterlibatan Komunitas, Internasionalisasi & Reputasi Institusional. 80 universitas dari Kamboja, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam berpartisipasi dalam pemeringkatan edisi pertama (2024). 

Berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan oleh AppliedHE, Dewan Penasihat Peringkat AppliedHE dan Sekretaris Dewan Universitas Kota Hong Kong dan Profesor Pengadilan Kevin Downing mengamati bahwa: “Universitas swasta berbeda dari universitas negeri, dengan kekuatan masing-masing, oleh karena itu, pemeringkatan AppliedHE merupakan tambahan yang baik untuk lanskap pemeringkatan universitas di Asia dan global.” 

Pendiri & CEO AppliedHE Ms. Mandy Mok mencatat bahwa: “Pemeringkatan ini merupakan sebuah terobosan karena mengukur hal yang paling penting bagi siswa dan orang tua mereka – kualitas pendidikan, dan kemampuan kerja.” 

Pada pemeringkatan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Asia Tenggara yang dikeluarkan AppliedHE, Telkom University menempati peringkat ke sebelas (11) di Asia Tenggara bersanding dengan PTS dari Malaysia, Thailand, Kamboja, dan Filipina, dan menempati peringkat ke-3 di Indonesia, dengan total nilai 64.97. 

Komponen penilaian pemeringkatan versi AppliedHE secara umum terdiri dari kualitas belajar belajar mengajar (40%), kemampuan lulusan mendapat kerja (15%), riset (15%), keterlibatan dengan masyarakat (10%), internasionalisasi (10%), dan reputasi institusional (10%). 

Selain penilaian secara umum, pada Sub Pemeringkatan Perguruan Tinggi Swasta : ASEAN 2024 AppliedHE, terdapat lima komponen sub pemeringkatan yaitu Pengajaran & Pembelajaran, Penelitian, Keterlibatan Komunitas, Internasionalisasi & Reputasi Institusional. Telkom University menempati peringkat 4 ASEAN bersanding dengan perguruan tinggi dari Filipina dan Malaysia, untuk sub pemeringkatan reputasi institusional. 

Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya menyampaikan rasa Syukur atas prestasi dalam Tingkat Asia yang diraih Telkom University, menurutnya ini merupakan bentuk keseriusan Telkom University untuk berkontribusi tidak hanya untuk bangsa, tapi untuk dunia. 

“Komitmen kami untuk terus memberikan pendidikan berkualitas untuk bangsa dan dunia masih akan terus ditingkatkan, terima kasih kepada seluruh sivitas akademika yang telah berkontribusi untuk bersama-sama menghasilkan mutu pendidikan yang dapat dirasakan oleh seluruh lapisan Masyarakat.” Ucapnya. (***) 

Penulis: Wiranata | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *