Transformasi Perkuliahan MKWK, Dorong Mahasiswa Lebih Aktif dan Kolaboratif 

Transformasi Perkuliahan MKWK, Dorong Mahasiswa Lebih Aktif dan Kolaboratif 

Bandung, 16 November 

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Dr. M. Yahya Arwiyah melalui program bertajuk Digital Based-Collaborative Active Learning to Create Meaningfull (CAL-CreateMe), mendorong MKWK untuk berperan strategis dalam mengembangkan kompetensi mahasiswa. Seperti yang berlangsung pada Kamis, (16/11), di Gedung Kuliah Umum Tel-U. 

CAL-CreateMe secara garis besar bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan keterlibatan aktif mahasiswa secara kolaboratif melalui pembelajaran MKWK sehingga sembari belajar dapat langsung berkontribusi atas berbagai permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab moral-akademis sesuai dengan bidang keilmuan yang dimilikinya. 

“Pada program ini, harapannya perkuliahan MKWK dapat memenuhi beberapa kompetensi bagi mahasiswa, diantaranya mengembangkan keterampilan soft skills, efektivitas pembelajaran, serta meningkatkan kemampuan kolaborasi yang diperlukan pada era sekarang” jelas Yahya. 

Ada dua kelas yang mengikuti program ini, yaitu kelas AK-47-01 dan AK-47-02. Para mahasiswa akan membuat sebuah kelompok untuk melakukan identifikasi masalah nyata yang marak di masyarakat, pada kegiatan kali ini fokus utama permasalahan yaitu tentang Pinjaman Online. Mahasiswa juga diharapkan dapat memberikan kerangkan kerja serta solusi dari permasalahan tersebut. 

Keterlibatan langsung dan ketertarikan mahasiswa pada perkuliahan MKWK dinilai sangat penting untuk menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan penuh makna guna membentuk watak dan keadaban mahasiswa yang bermartabat. Sehingga transformasi dan adaptasi pada perkuliahan Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWM) melalui CAL-CreateMe di atas dinilai menjadi langkah yang tepat. 

Penulis: Abdullah Adnan | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *