Vice Minister CAC Kunjungi Tel-U Guna Kuatkan Kerja Sama dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Vice Minister CAC Kunjungi Tel-U Guna Kuatkan Kerja Sama dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Bandung, 22 November 2023  

Telkom University (Tel-U) menerima kunjungan dari Vice Minister of the Cyberspace Administration of China (CAC) H.E. Niu Yibing, RPC dan Huawei Indonesia, pada Rabu (22/10). Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Tel-U, Dr. Ir. Rina Pudji Astuti; Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Kemas Muslim Lhaksmana; Direktur Kerja Sama Strategis dan Kantor Urusan Internasional, Lia Yuldinawati, S.T., M.M., Ph.D; Ketua Laboratorium Beyond 5.5G (Lab B5.5G) Tel-U, Prof. Dr. Eng. Khoirul Anwar, S.T., M.Eng, serta jajaran anggota Lab B5.5G Tel-U lainnya.  

Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan Lab B5.5G Tel-U kepada Vice Minister CAC, yang merupakan Joint Lab antara Tel-U dengan Huawei. Selain itu, Lab B5.5G juga turut memperkenalkan hasil riset berupa model untuk 5.5G dan 6G, yakni 3D Blocksphere, Quantum Circuit of Quantum, dan Model of Machine Learning Structure.  

Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Kerja Sama, Dr. Ir. Rina Pudji Astuti mengungkapkan harapan dan antuasiasmenya pada kunjungan tersebut.  

“InsyaAllah kunjungan ini sangat istimewa karena menjadi salah satu bentuk dukungan dari pemerintah Cina. Selama ini, Tel-U telah banyak bekerja sama dengan industrinya, yaitu Huawei dan ZTE, dan kali ini pemerintah turut mendukung. Semoga kerja sama dan dukungan ini dapat bermanfaat ke depannya, bukan hanya untuk Tel-U dan mahasiswa Tel-U, serta untuk berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan memberikan kebermanfaatan,” ungkap Rina. 

Selain itu, Ketua Lab B5.5G Tel-U, Prof. Dr. Eng. Khoirul Anwar, S.T., M.Eng, juga mengungkapkan bahwa kunjungan ini menghadirkan kebahagiaan tersendiri. 

“Adanya kunjungan ini setidaknya menghadirkan dua hal. Pertama, kami berbahagia karena telah dipilih oleh Vice Minister CAC menjadi laboratorium yang beliau kunjungi hari ini. Berikutnya kami juga sangat berbahagia karena beliau sangat senang berkunjung ke Telkom University, dan melihat demonstrasi serta lab yang kami miliki. Kunjungan ini sangat berkesan, dan semoga dapat menghadirkan potensi kerja sama ke depannya,” tutur Khoirul. 

Penulis: Aqila Zahra Qonita | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *