10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2023 Versi Webometrics

Tel-U Raih Kembali Predikat Perguruan Tinggi Swasta (PTS) No. 1 Indonesia pada Pemeringkatan Webometrics 2023 

Telkom University – Webometrics, indeks evaluasi kualitas dan visibilitas website universitas, kembali merilis pemeringkatan hasil penilaian terhadap universitas terbaik di dunia per Juli 2023. Pemeringkatan ini kerap menjadi salah satu acuan bagi calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi.  

Metode Pemeringkatan 

Webometrics menggunakan tiga indikator dalam menilai peringkat kampus seluruh dunia, yakni visibility (visibilitas), transparency (transparansi atau keterbukaan), dan excellence (keunggulan). 

Visibilitas adalah indeks penilaian pengaruh konten yang diunggah di situs perguruan tinggi. 

Transparansi berarti seberapa banyak penelitian dari top 310 peneliti dikutip dalam website. 

Keunggulan merupakan penilaian terhadap jumlah makalah di antara 10 persen teratas paling banyak dikutip pada tiap 27 disiplin ilmu dari database yang ada. 

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Menurut Webometrics 2023 

Berikut ini 10 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023. 

1.Telkom University (Tel-U) 

Tel-U menjadi universitas swasta terbaik nomor satu menurut Webometrics dengan menempati peringkat 12 terbaik di Indonesia dan peringkat 1.268 di dunia. Berdiri sejak 2013 ini memiliki 7 fakultas dan 52 program studi, dan telah terakreditasi unggul berdasarkan BAN-PT dan terakreditasi internasional. Selain itu, Tel-U juga telah memperoleh QS Five Stars, dan memperoleh berbagai pemeringkatan internasional lainnya, seperti The Higher Education Impact Ranking, World University Ranking for Innovation, dan masih banyak lagi. 

Dengan prestasi yang terus meningkat tiap tahunnya, tidak heran Telkom University menjadi pilihan bagi lebih dari 35.000 mahasiswa aktif yang saat ini berkuliah di Telkom University baik di Kampus Bandung maupun Kampus Jakarta. 

2. Universitas Bina Nusantara (Binus) 

Menyusul Tel-U, Binus menjadi kampus swasta peringkat kedua di Indonesia menurut Webometrics 2023. Binus merupakan peringkat 13 diterb Indonesia dan menempati posisi 1.531 dunia. Sejak berdirinya 49 tahun lalu, Binus memiliki 8 kampus dengan 7 fakultas, 4 program diploma, 51 program sarjana, 6 program magister, dan 2 program doktoral. 

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) 

Menurut pemeringkatan Webometrics UMY merupakan PTS dengan peringkat ketiga di Indonesia, UMY ini berhasil meraih peringkat 20 di Indonesia dan 1.947 dunia. Posisi UMY mengalami peningkatan dari tahun lalu yang hanya berada di posisi  2.069 dunia.  

4. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) 

Berlokasi di Jawa Timur, UMM berhasil menempati peringkat keempat dalam daftar pemeringkatan PTS di Indonesia menurut Webometrics. Pada Webometrics periode Juli 2023, UMM berada di peringkat ke-22 dalam daftar PT di Indonesia dan peringkat ke-2.263 di dunia. Terdapat 10 fakultas di UMM, termasuk 6 program internasional, 5 program vokasi, 40 program studi S1, 6 program profesi, 13 program magister, dan 4 program doktor.  

5. Universitas Mercu Buana (UMB) 

Mercu Buana, salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) terkemuka di Indonesia, berhasil meraih posisi kelima dalam peringkat PTS di Indonesia. Secara keseluruhan, kampus ini menduduki peringkat 24 dalam daftar universitas peringkat di Indonesia dan peringkat 2.315 di dunia. Jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya, Mercu Buana naik dari peringkat 2.425 di dunia. Universitas Mercu Buana memiliki tiga kampus utama, yaitu Kampus Meruya di Jakarta Barat, Kampus Menteng di Jakarta Pusat, dan Kampus Pejaten di Jakarta Selatan dengan 14 program studi sarjana dan dua program studi D3, Mercu Buana memiliki jumlah dosen sebanyak 695 orang yang mengajar 27.923 mahasiswa pada tahun 2022. 

6. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) 

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menduduki peringkat keenam sebagai peringkat perguruan tinggi swasta di Indonesia menurut Webometrics. Saat ini, UMS menjadi tempat bagi 7.169 mahasiswa yang menempuh studi di 12 Fakultas dengan 35 program sarjana, 19 program magister, 5 program doktoral, 7 program profesi, dan 11 program vokasi. 

7. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) 

Universitas Ahmad Dahlan menjadi kampus swasta peringkat ketujuh di Indonesia. Berlokasi di Yogyakarta, UAD menempati peringkat 35 di Indonesia dan peringkat 2.919 di dunia. Pada tahun 2022, UAD menerima sebanyak 7.022 mahasiswa yang menempuh studi di 11 fakultas dan 1 program pelatihan. 

8. Universitas Gunadarma (UG) 

Universitas Gunadarma adalah PTS yang mendapatkan peringkat peringkat kedelapan di Indonesia. Universitas ini memiliki peringkat perguruan tinggi ke-36 di Indonesia dan 2.934 dunia. Terletak di Depok, Jawa Barat, Universitas Gunadarma memiliki 6 fakultas dan 18 program studi.  

9. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) 

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya merupakan PTS perigkat kesembilan di Indonesia. Pada tahun 2022, terdapat sebanyak 1.810 mahasiswa baru yang menempuh studi di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, yang terbagi dalam lima fakultas dan 20 program studi. 

10. Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) 

Terletak di Semarang, Unissula menempati peringkat 10 perguruan tinggi swasta, peringkat 45 perguruan tinggi di Indonesia, dan peringkat 3.565 di dunia. Unissula saat ini memiliki 11 fakultas dengan 38 program studi yang mencakup program D3, S1, S2, dan S3.  

Peringkat perguruan tinggi merupakan aspek yang penting untuk menjadi pertimbangan dalam memilih kampus. Dengan perolehan peringkat Webometrics saja, kamu sudah dapat menentukan visibilitas, transparansi, dan keunggulan perguruan tinggi tersebut. Jadi, tunggu apa lagi? Raih masa depanmu bersama Telkom University sekarang juga! 

 Penulis: Aqila Zahra Qonita | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *