Apa itu Desain Komunikasi Visual (DKV)? Berikut Keunggulan dan Prospek Karier Jurusan DKV 

Apa itu Desain Komunikasi Visual (DKV)? Berikut Keunggulan dan Prospek Karier Jurusan DKV 

Bandung, 22 November 2023  

Perkembangan digital yang pesat memberikan kenyamanan bagi generasi saat ini untuk menyampaikan dan menerima informasi dengan sangat cepat. Kecepatan arus informasi tersebut membentuk karakter penerima informasi yang lebih cenderung menikmati konten visual dibandingkan konten berupa tulisan.  Hal ini juga dikuatkan dengan pendapat Millward Brown (2017) yang menyebutkan gen Z lebih menyukai konten dalam bentuk visual dibandingkan tulisan. Konten visual lebih mudah diterima oleh gen Z karena memungkinkan mereka untuk memperoleh informasi sembari melakukan kegiatan lainnya. Hal ini meningkatkan kebutuhan terhadap kemampuan desain grafis. Salah satu program studi yang memfasilitasi hal tersebut adalah Desain Komunikasi Visual (DKV). 

Pengertian Desain Komunikasi Visual 

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah studi yang mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan dengan menggunakan elemen desain grafis, seperti huruf, warna, gambar, dan lay out. Dalam keilmuan DKV, hal yang dipelajari adalah cara mengolah pesan visual yang efektif secara informatif, komunikatif, dan efektif, yang dikemas sekreatif mungkin sehingga pesan dapat tersampaikan dengan tepat sasaran.  

Kenapa Memilih Jurusan Ini? 

Selain kebutuhannya yang semakin meningkat, jurusan ini cocok bagi kamu yang ingin mengeksplorasi bakat pada bidang desain lebih dalam lagi. Dalam prodi DKV, kamu akan mempelajari proses kreatif baik secara manual, ataupun menggunakan perangkat lunak desain grafis, videografi, fotografi,  hingga membuat animasi. Di samping itu, DKV juga responsif menjawab kebutuhan industri dengan penyediaan ruang lingkup desain grafis, multimedia, periklanan, dan manajemen desain. Dengan demikian, jurusan DKV tidak hanya memfasilitasi hobimu dalam bidang desain, tetapi memberikan kesempatan agar hobi yang kamu miliki dapat bermanfaat. 

Apa yang Dipelajari di DKV? 

Untuk memenuhi kebutuhan DKV pada berbagai lingkup yang telah disebutkan, terdapat beberapa mata kuliah yang menunjang peningkatan skill mahasiswa DKV. Mata kuliah tersebut diantaranya, drawing for design, pengantar desain komunikasi visual, 3D art and interaction, estetika, visual making project, new media, entrepreneurship, komputer grafis, material and color in visual design, eastern art review, western art review, fotografi, desain ilustrasi, dan sebagainya. 

Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual 

Dalam industri kreatif, DKV memiliki prospek kerja yang cerah dalam bidang film & animasi, periklanan, game, dan pengembangan aplikasi. Peran pekerjaan bagi lulusan DKV juga beragam, mulai dari desainer grafis, illustrator, concept artist, desainer UI/ UX, desainer game, videographer, fotografer, desainer karakter,  animator, art director, dan sebagainya. Namun, di samping hal tersebut, DKV juga memiliki prospek kerja yang semakin beragam di luar industri kreatif,  mulai dari website developer, konsultan branding, penerbitan, advertising agency, hingga instansi pemerintahan.  

Jurusan Desain Komunikasi Visual Telkom University 

Dari banyaknya pilihan jurusan DKV, kamu tentu dapat menemukan jurusan DKV di Telkom University. Jurusan S1 DKV merupakan salah satu program studi di bawah Fakultas Industri kreatif (FIK). Jurusan DKV di Telkom University merupakan satu-satunya program tingkat sarjana strata satu yang berbeda dengan DKV pada umumnya. Selain diajarkan ilmu seni, kamu juga akan diajarkan ilmu manajemen. Dengan demikian, lulusan DKV Telkom University diharapkan memiliki kemampuan lebih unggul dibandingkan dengan mahasiswa DKV pada umumnya berkat adanya kolaborasi dua disiplin ilmu tersebut. Klik di sini untuk cari tahu lebih lanjut tentang DKV Telkom University. 

Penulis: Aqila Zahra Qonita | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *