Kisah Ayah dan Anak Jalani Kuliah dan Wisuda Bersama di Telkom University

Kisah Ayah dan Anak Jalani Kuliah dan Wisuda Bersama di Telkom University

Bandung, 24 November 2023 

Pada umumnya, wisuda menjadi momen persembahan seorang anak untuk orang tua yang telah memberikan dukungan selama proses perkuliahan. Atau bahkan sebaliknya, wisuda menjadi momen orang tua merayakan kesuksesan anaknya dalam menyelesaikan pendidikan. Namun, apa jadinya jika ayah dan anak justru sama-sama di wisuda dengan gelar yang sama di hari yang sama? Itulah yang terjadi pada pasangan ayah dan anak, Riza Zacharias dan Zuhdan Ainul Ihsan, dalam gelaran Wisuda Telkom University Periode I Tahun Akademik 2023/2024 yang digelar di Telkom University Convention Hall, Jum’at (24/11). 

Keduanya sama-sama meraih gelar Magister Manajemen dari Program Studi S2 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University. Zuhdan, merupakan alumni Telkom University tahun 2018 yang mengambil program Direct-Track Magister Manajemen. Setelah menjalani perkuliahan selama satu semester, Riza pun ikut memulai perkuliahan pada program studi yang sama dengan anaknya. Menurut Zuhdan, ini adalah pengalaman menarik baginya karena menjalani pendidikan bersama sang ayah.  

“Masyaallah ini pertama kalinya kuliah bareng Ayah dan akhirnya lulus bareng, rasanya luar biasa. Ada banyak momen lucu terutama ketika mengerjakan tesis bareng, revisian bareng, ketemu dosen pembimbing bareng, sampai sidang bareng, dan mengurus urusan administratif bareng-bareng juga,” ungkap Zuhdan. 

Bagi Riza menjalani kuliah bersama anaknya membuat ia memiliki teman seperjuangan untuk saling menyemangati dan mendukung hingga dapat lulus bersama. 

“Meskipun anak saya masuk kuliah lebih dulu, tapi ketika saya memulai progres tesis duluan, dia juga jadi terpacu untuk lulus bareng. Kami berupaya untuk membuat timeline lulus bareng sambil saling menyemangati, saling support, saling menguatkan,” ujar Riza. 

Meskipun menjalani wisuda bersama, Riza tetap mengungkapkan rasa bangga dan harapan bagi anaknya. 

“Amanah ilmu adalah amanah yang justru menjadikan manusia yang semakin humble dan menyadari bahwa di dunia ini banyak yang lebih hebat dari kita. Banyak kesempatan berkontribusi untuk menerapkan dan mengamalkan ilmu yang diperoleh. Belajar itu tidak hanya di sini saja, bisa terus berlanjut dimanapun untuk bekal hidup di dunia dan akhirat,” ucap Riza. 

Penulis: Aqila Zahra Qonita | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *