Peringkat Tel-U di Asia Melesat Pada Pemeringkatan QS AUR 2024

Peringkat Tel-U di Asia Melesat Pada Pemeringkatan QS AUR 2024

Bandung, 17 November 2023  

Telkom University (Tel-U) meraih prestasi gemilang pada ajang pemeringkatan QS Asia University Rankings (AUR) 2024. Kali ini Tel-U berhasil naik peringkat pada Asia Rank, mencapai posisi 301-350, meningkat dari posisi sebelumnya yang berada di rentang 351-400. 

Prestasi ini tidak hanya didasarkan pada peringkat umum saja, melainkan juga pada sejumlah indikator kualitas yang diukur oleh QS AUR. Tel-U menunjukkan pencapaian luar biasa dengan mencetak skor terbaik pada berbagai kategori, mendukung keseluruhan penilaian yang dilakukan. 

Beberapa indikator kunci yang menjadi penilaian dalam QS AUR ini mencakup Outbound Exchange Student, International Faculty Ratio, Faculty Student Ratio, Inbound Exchange Student, Academic Reputation, Employer Reputation, International Student Ratio, Paper per Faculty, International Research Network, Citations per Paper, dan Staff with PhD. 

Berdasarkan informasi yang di peroleh dari laman topuniversities.com, Tel-U mencatatkan skor tertinggi pada beberapa kategori, seperti Outbound Exchange Student dengan skor 80.5, International Faculty Ratio dengan skor 44.9, dan Faculty Student Ratio dengan skor 31.9. Prestasi luar biasa ini mencerminkan komitmen Tel-U dalam memberikan pengalaman pendidikan internasional yang berkualitas, dengan dukungan dosen berkualitas tinggi dan rasio mahasiswa-dosen yang seimbang. 

Selain itu, Tel-U juga meraih skor yang baik pada kategori-kategori lainnya seperti Inbound Exchange Student dengan skor 25.7, Academic Reputation dengan skor 17.4, Employer Reputation skor 17.4, International Student Ratio dengan skor 12.1, Paper per Faculty dengan skor 4.5, International Research Network dengan skor 1.1, Citations per Paper dengan skor 1, dan Staff with PhD dengan skor 1. 

Prestasi ini menegaskan posisi Tel-U sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Rektor Tel-U, Prof. Dr. Adiwijaya, menyampaikan kebanggaannya terhadap pencapaian ini.  

“Peningkatan peringkat dalam QS Asia University Rankings 2024 adalah hasil dari kerja keras seluruh sivitas akademika Tel-U. Kami terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman, serta terus melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Prof. Adiwijaya.  

Penulis: Abdullah Adnan | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *