Tel-U Sosialisasikan Aplikasi SIBIKU di SLBN B Sumedang Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Isyarat

Tel-U Sosialisasikan Aplikasi SIBIKU di SLBN B Sumedang Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Isyarat

Sumedang, 14 November 2023 

Telkom University (Tel-U) melakukan kegiatan sosialiasi yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Isyarat di SLBN B Sumedang (Tel-U) pada Selasa (14/11). Kegiatan ini merupakan implementasi dari penelitian yang dipimpin oleh Dosen D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi (RPLA) Fakultas Ilmu Terapan (FIT), Indra Azmi, S.T., M.T., yang dijembatani oleh Digital Collaboration for Sustainability (DCS) Tel-U. 

Aplikasi yang disosialisasikan dalam kegiatan tersebut adalah SIBIKU, sebuah aplikasi pembelajaran Bahasa Isyarat berbasis Android khusus untuk siswa SLBN-B dan para tuna rungu. Indra bersama dua mahasiswanya, Muhammad Fikri Fadillah (D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi) dan Nurhidayah Puteri (D3 Teknik Informatika) melalui aplikasi ini diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih memahami dan menggunakan Bahasa Isyarat sebagai media komunikasi, serta meningkatkan minat siswa dalam mempelajari Bahasa Isyarat. 

Indra Azmi mengungkapkan SIBIKU hadir sebagai solusi untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi siswa SLBN-B dan para tuna rungu. Melalui aplikasi ini, dirinya berharap siswa dapat belajar Bahasa Isyarat secara interaktif dan menyenangkan, sehingga dapat memperkuat keterampilan komunikasi mereka. 

“Aplikasi SIBIKU akan memperkenalkan tatanan penggunaan Bahasa Isyarat melalui smartphone dengan proses pembelajaran yang interaktif, termasuk pengenalan kosa kata Bahasa Isyarat yang mudah dipahami. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami dan menggunakan Bahasa Isyarat dalam kehidupan sehari-hari.” 

Selain sosialisasi aplikasi, kegiatan ini juga melibatkan Himpunan Mahasiswa D3 RPLA Tel-U melalui program ‘Dira Mengajar’. Mereka memberikan kontribusi positif dengan mengadakan kegiatan mengajar bagi adik-adik di SLBN Sumedang, termasuk lomba mewarnai untuk memberikan hiburan dan meningkatkan keterampilan seni visual mereka. 

Kegiatan ini menunjukkan komitmen Tel-U dalam mendukung inklusivitas pendidikan dan memberikan kontribusi positif pada pengembangan keterampilan siswa SLBN-B Sumedang, serta mendukung implementasi aplikasi SIBIKU sebagai alat pembelajaran yang efektif untuk Bahasa Isyarat.  

Penulis: Abdullah Adnan | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *