Telkom University : Membangun Jejak Unggul dalam Pendidikan dan Inovasi 

Tel-U Raih Kembali Predikat Perguruan Tinggi Swasta (PTS) No. 1 Indonesia pada Pemeringkatan Webometrics 2023 

Telkom University (Tel-U), sebagai institusi pendidikan tinggi di Indonesia, telah mencapai prestasi yang membanggakan sepanjang sejarahnya. Dengan fokus yang kuat pada akademis dan inovasi, Tel-U berhasil mencapai sejumlah pencapaian yang menunjukkan komitmen terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat. Tulisan ini akan membahas beberapa prestasi istimewa yang telah dicapai oleh Telkom University. 

Salah satu prestasi paling membanggakan dari Telkom University adalah kualitas pengajaran dan akademis yang unggul. Tel-U telah meraih pengakuan bukan hanya di tingkat nasional, tetapi juga internasional, sebagai institusi pendidikan yang menerapkan pendekatan inovatif dalam penyampaian kurikulum. Prestasi ini tercermin dalam berbagai peringkat universitas dan penilaian kualitas pendidikan, yang menempatkan Telkom University di peringkat teratas di Indonesia. 

Dibawah kepemimpinan Rektor Tel-U Prof. Dr. Adiwijaya, Tel-U telah terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT), meraih bintang lima dari QS (Quacquarelli Symonds) Rating System, menempati peringkat 1001-1200 QS World University Rank tahun 2023, peringkat 301-350 QS Asia di tahun 2023, QS for Sustainability Word di peringkat 1151-1200 dan peringkat 15 di Indonesia di tahun 2023, meraih peringkat 1501+ di Dunia, dan 501-600 versi Times Higher Education World University Ranking (THE WUR), dan THE Impact Rankings di peringkat 401-600 dunia di tahun 2023. 

Telkom University juga menunjukkan komitmen yang kuat terhadap penelitian dan inovasi, yang ditunjukan dengan menempati klaster mandiri penelitian di Indonesia, dan menjadi Top Innovative University peringkat 54 dunia versi The World University Rankings for Innovations (WURI). Fasilitas penelitian yang modern dan kerjasama antara dosen dan mahasiswa telah membantu Tel-U menjadi pusat inovasi yang terkemuka. Sejumlah penelitian yang dilakukan oleh fakultas dan mahasiswa Telkom University telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Prestasi besar lainnya yang berhasil diraih oleh Telkom University dalam penelitian adalah keterlibatannya dalam proyek-proyek inovatif yang memiliki dampak positif pada masyarakat. Telkom University tidak hanya fokus pada penelitian murni, melainkan juga pada pengembangan solusi praktis untuk tantangan dunia. Inovasi ini mencakup berbagai bidang, seperti teknologi informasi, telekomunikasi, kecerdasan buatan, dan energi terbarukan. 

Pendidikan yang dijalan Telkom University mendukung kegiatan mahasiswa untuk terus berkembang dan siap memasuki dunia industri atau entrepreneurship, melalui dukungan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dan program WRAP (Work Ready Program). 

Telkom University juga menjalin kemitraan strategis dengan industri dan lembaga lain untuk meningkatkan relevansi kurikulum dengan tuntutan pasar. Program magang dan kerja sama dengan perusahaan terkemuka bukan hanya memberikan mahasiswa pengalaman praktis, tetapi juga memastikan lulusan Telkom University siap menghadapi dinamika dunia kerja yang terus berkembang. 

Memiliki visi menjadi Nasional Excellence Entrepreneurial University di tahun 2028, Telkom University tidak hanya mengejar keunggulan akademis, tetapi juga berkomitmen pada keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Inisiatif-inisiatif ini menjadikan Telkom University sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya menghasilkan lulusan yang kompeten secara akademis, tetapi juga individu yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat. 

Dalam usahanya untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi, Telkom University terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan dunia pendidikan dan teknologi. Dedikasi terhadap kualitas pendidikan, penelitian inovatif, dan kontribusi positif pada masyarakat adalah dasar yang membantu Telkom University tetap menjadi pusat unggulan dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Komitmen tersebut merupakan tujuan Telkom University untuk terus berkontribusi untuk bangsa Indonesia dan Dunia. 

Penulis: Wiranata | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *