15 Rekomendasi Lagu Semangat untuk Belajar dan Tingkat Konsentrasi 

15 Rekomendasi Lagu Semangat untuk Belajar dan Tingkat Konsentrasi 

Bandung, 23 November 2023 

Ada banyak cara yang dapat membantu kita dalam memahami pelajaran. Selain dipengaruhi oleh gaya belajar, kondisi saat belajar juga berperan penting untuk menentukan efektivitas dalam belajar. Bagi sebagian orang, mendengarkan musik ketika belajar mungkin akan membuat mereka terasa mengganggu. Namun, tidak sedikit, lho, penelitian yang menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan kemampuan otak dalam menyerap pelajaran secara efektif. 

Pengaruh Mendengarkan Mendengarkan Musik Saat Belajar 

Menurut penelitian yang dilakukan di Mc-Gill University, Monteral, Amerika, mendengarkan musik dapat berpengaruh pada peningkatan dopamin sehingga dapat meningkatkan mood ketika belajar. Selain itu, hal tersebut juga dapat menstimulasi kecerdasan intelektual dan emosional. Berikut ini beberapa pengaruh musik untuk aktivitas belajarmu: 

Meningkatkan fokus dan konsentrasi 

Hal ini dipengaruhi jenis musik tertentu yang pas dengan aktivitas belajarmu. Jika tujuan belajarmu untuk menghafal, maka hindari musik-musik berlirik agar kamu dapat lebih fokus dengan hafalanmu. Atur volume musik dengan bijak sehingga kamu tetap bisa fokus dengan proses belajarmu. 

Mengurai kejenuhan 

Seperti disampaikan pada penelitian di atas, musik bermanfaat untuk meningkatkan mood ketika belajar. Dengan mood yang baik, kamu akan terhindar dari kejenuhan saat belajar. Terutama ketika kamu sedang mempelajari materi yang terasa sulit dan terasa membosankan. Pilihlah musik yang dapat meningkatkan semangatmu dalam belajar. Karena musik dapat sangat berpengaruh terhadap mood, jangan pilih lagu yang mengundang mood galau sedih, ya! 

Memicu motivasi diri 

Musik dengan lirik dan ritme yang bersemangat akan sangat memicu semangatmu dalam belajar. Terlebih musik dengan lirik yang berisi motivasi. Secara tidak langsung musik dapat membangkitkan motivasimu untuk belajar dengan lebih giat.  

Membantu stimulasi otak 

Ketika belajar, otak yang kita gunakan adalah otak kiri yang berkaitan dengan aktivitas penalaran, analisis, dan logika. Sedangkan musik berkaitan dengan aktivitas otak kanan, yaitu seni dan kreativitas. Karena itulah, mendengarkan musik dapat menyeimbangkan otak kanan dan kiri sehingga kinerja otak pun akan meningkat. Keseimbangan tersebut dapat memberikan posisi yang nyaman untuk belajar, karena dapat menenangkan otak dan membuatnya mampu berpikir logis. Musik juga dapat diibaratkan sebagai cognitive workout bagi otak yang dapat mempermudah dalam menyerap dan mengingat informasi baru. 

Rekomendasi Musik untuk Belajar dari TelUtizen 

Mungkin kamu juga mengira bahwa lagu yang cocok untuk belajar hanya musik dengan genre jazz, klasik, atau instrumental lainnya. Padahal, musik apa pun dapat menjadi dapat digunakan untuk belajar selama tidak menggunakan volume yang terlalu keras. Menurut Chris Bewer, musik apa pun dapat efektif dalam meningkatkan mood ketika kamu dapat menyesuaikannya dengan aktivitas yang kamu lakukan. Nah, setelah ini kamu mungkin akan mempertimbangkan untuk mendengarkan musik saat belajar dan mulai mencari referensi. Tidak usah risau, berikut ini 15 rekomendasi lagu semangat dari TelUtizen yang dapat kamu jadikan referensi untuk jadi teman belajarmu. 

All Playlist Taylor Swift 

Selain pernah viral karena konon menjadi musisi kegemaran mahasiswa dengan IPK di atas 3.5, lagu-lagu Taylor Swift juga menjadi musik yang paling banyak direkomendasikan oleh TelUtizen. Bisa banget, nih, untuk coba kamu dengarkan! 

Wasted Nights – One Ok Rock! 

Lagu ini bercerita tentang berhenti menghabiskan waktu sia-sia dan mulai melakukan yang terbaik untuk masa depan. Genre lagu yang menyenangkan membuat musik ini nyaman untuk meningkatkan motivasi dan mood kamu ketika belajar. 

Lofi  

Bagi kamu yang lebih menyukai musik instrumental, Lofi adalah opsi referensi musik yang bisa menemani belajarmu. Lagu ini cocok ketika tujuan belajarmu adalah menghafal dan butuh fokus terhadap materi. 

Stand By Me – Oasis 

Lagu ini menceritakan bahwa kesuksesan adalah perjalanan yang panjang dan membutuhkan kesabaran. Akan ada banyak hal yang mungkin merintangi, tetapi semua pasti bisa kamu jalani. Cocok menjadi motivasimu agar lebih bersemangat menghadapi materi – materi yang berat. 

Bones – Imagine Dragons 

Kadang dalam mengejar cita-cita kamu mungkin merasa berat dan membuatmu ingin menyerah. Lagu ini mengingatkan kamu untuk tidak merasa sendiri.  

Fight Song – Rachel Platten 

Lagu yang satu ini tentu sudah sangat familiar untuk kamu yang butuh semangat dan motivasi menjalani hidup. Jadi untuk kamu sudah mulai lelah dan merasa ingin menyerah, lagu ini cocok untuk menyemangati diri agar lebih giat dalam meraih cita-cita. 

All Playlist Sheila On 7 

Dengan kekhasannya lagu-lagu Sheila On 7 dapat menghadirkan mood tersendiri untuk menemani belajarmu. Untuk kamu penggemar SO7, lagu-lagunya cocok untuk menjadi teman belajarmu. 

Jalani Mimpi – Noah 

Ketika belajar pasti ada mimpi dan cita-cita yang kamu kejar, kan? Nah, kamu mungkin punya kesamaan dengan lirik lagu didalamnya.  

Social Path – Stray Kidz 

Lagu K-Pop satu ini selain easy listening, ternyata punya makna yang kuat juga, lho! Stray Kidz dalam lagu ini menceritakan tentang kegigihan dan tekad yang kuat dalam mencapai impian dan mimpi-mimpi yang dimiliki.  

Daylight – Maroon 5 

Siapa di sini yang lagi patah hati? Patah hati memang selalu bisa mengacaukan fokus belajar kita. Tapi kamu juga harus tahu kalau cara move on dan balas dendam terbaik ke mantan adalah menjadi pribadi yang lebih baik. Nah, Daylight dari Maroon 5 adalah lagu yang cocok menemani belajar kamu untuk fokus dengan masa depan yang lebih baik! 

Miroh – Stray Kidz 

Masih lagu dari Stray Kidz, Miroh memiliki makna tentang pencarian jati diri dengan ambisi yang matang. Dalam lagu ini Stray Kidz menunjukkan bahwa perubahan baik yang kita lakukan pasti mampu dirasakan oleh sekitar kita. Jadi kesungguhan kita hari ini pasti akan menghadirkan manfaat bagi sekitar suatu saat nanti. 

Sarjana Muda – Iwan Fals 

Meskipun pada lagu ini Iwan Fals menggambarkan bahwa gelar sarjana, tetapi tidak menjamin karirnya. Namun, lagu ini bisa jadi motivasi bagi kamu untuk bahwa perkuliahan adalah jalanmu meningkatkan value dan memudahkan karir di masa depan. Lagu ini juga menjadi pengingat bagi kamu untuk berusaha lebih keras dan membuat dirimu dibutuhkan. 

So Bad! – StayC  

Lagu ini sebenarnya menceritakan tentang ajakan untuk mengungkapkan cinta pada seseorang yang dicintai dan keinginan untuk bersama dengan orang yang dicintai. Meskipun demikian, ritme lagunya yang menyenang menurut TelUtizen, sih, sesulit apapun algoritma bisa jadi mudah kalau dikerjakan sambil mendengarkan lagu ini. 

Bad – Wave to Earth 

Lagu ini memiliki ritme yang santai dan dapat membangkitkan mood kamu untuk belajar. Lirik lagu yang manis juga cocok menjadikan lagu ini sebagai lagu yang menyenangkan hati, apalagi yang buat kamu lagi lagi semangat-semangatnya belajar karena lagi lagi kasmaran. 

Murattal atau Lagu Rohani 

Ga bisa dipungkiri bahwa TelUtizen memang religius. Banyak dari rekomendasi yang diberikan adalah murattal dan lagu-lagu rohani. Tentu ini juga bisa kamu gunakan untuk belajarmu, terlebih agar kamu selalu ingat bahwa Tuhan-mu akan selalu membantu dan tidak meninggalkan kamu dalam kesulitan belajar seorang diri. Jangan lupa untuk berdo’a agar dimudahkan juga, ya! 

Penulis: Aqila Zahra Qonita | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *