Resmi Dikukuhkan sebagai Guru Besar Tel-U, Prof. Indrawati Kuasai Bidang Digital Marketing Management 

Resmi Dikukuhkan sebagai Guru Besar Tel-U, Prof. Indrawati Kuasai Bidang Digital Marketing Management 

Kemajuan teknologi yang pesat dan investasi yang sangat besar tidak akan memiliki arti jika tidak membawa manfaat. Untuk mencapai manfaat tersebut, perlu pemahaman faktor-faktor yang menyebabkan suatu produk berbasis teknologi dapat diterima oleh masyarakat, sehingga apa yang dihasilkan dapat diterima dan dimanfaatkan bagi kehidupan manusia dan lingkungan. Penting untuk memahami bagaimana komunikasi produk dapat diterima, dibeli, dan dipakai oleh konsumen. Berkenaan dengan hal tersebut, Prof. Dra. Indrawati, M.M., Ph.D. dalam orasi ilmiahnya memaparkan terkait “Implementasi Digital Marketing Untuk Mewujudkan Indonesia Menjadi 6 Besar Kekuatan Ekonomi Dunia” pada Sidang Senat Pengukuhan Guru Besar Telkom University (Tel-U). Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Damar Tel-U, pada Selasa (19/12).  

Prof. Dra. Indrawati, M.M., Ph.D. merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam pemasaran digital di Telkom University sejak 1990. Penelitian beliau berfokus pada model adopsi terkait teknologi, inovasi, e-commerce, dan kota pintar (smart city), serta model adopsi komunikasi pemasaran digital. Sebagai pendiri Smart City Research Group di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Tel-U, beliau memiliki catatan publikasi yang sangat mengesankan, yakni lebih dari 200 artikel prosiding, jurnal nasional, dan internasional serta 43 artikel terindeks Scopus. Di samping itu, beliau juga berhasil mempublikasikan 225 artikel semi-populer di media cetak dan elektronik, 12 buku, dan 8 Hak Kekayaan Intelektual (HK).  

“Untuk menjadikan Indonesia mencapai ekspektasi posisi ke-6 kekuatan ekonomi dunia, model adopsi produk dan komunikasi digital atau digital marketing hendaknya diimplementasikan dalam kegiatan pemasaran bisnis kita. Pencerahan, sosialisasi, dan pendampingan program harus diberikan terutama pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memiliki keterbatasan akan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan digitalisasi kegiatan usahanya.” tutur Prof. Indrawati. 

Dalam orasinya tersebut, Prof. Indrawati sebagai akademisi di bidang digital marketing memaparkan bahwa rendahnya tingkat digitalisasi bukanlah sebuah tantangan, melainkan peluang besar. Peluang untuk mengubah cara UMKM beroperasi, berkomunikasi, dan tumbuh. Dengan menerapkan strategi digital marketing yang efektif dan model adopsi produk serta komunikasi digital, dapat dipastikan bahwa UMKM tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang di pasar global. 

“Saya ingin menekankan kembali pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam mengatasi tantangan digitalisasi UMKM. Kita harus membentuk konsorsium yang melibatkan pemerintah, industri, investor, akademisi, dan masyarakat untuk bekerja bersama dalam menghadapi masalah ini. Kita perlu menyadari bahwa ini bukan hanya tentang penerapan teknologi semata, tetapi juga tentang transformasi fundamental bagaimana cara kita berbisnis, berinteraksi, dan berkembang. Hal ini penting untuk memastikan bahwa produk yang diciptakan dan diproduksi oleh UMKM kita benar-benar memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.” ujar Prof. Indrawati. 

Sebagai penutup, Prof. Indrawati memberikan ungkapan terima kasih kepada kolega yang telah begitu solid dan antusias dalam mengupas, meneliti, dan melaporkan persoalan yang dilantarkan dalam diskusi guna mendukung keberlangsungan penelitian. Tidak lupa juga, keluarga sebagai support system yang paling berpengaruh atas keberhasilan beliau. Prof. Indrawati berharap setiap kebaikan yang dilakukan dapat mengalirkan pahala bagi kedua orang tuanya karena merekalah yang memotivasi dalam melakukan yang terbaik. Beliau menyampaikan bahwa setiap kebersamaan mulai dari kecil yang penuh suka cita, remaja yang penuh perjuangan suka dan duka, serta dewasa yang penuh dengan doa telah mewarnai hidupnya hingga penuh makna.  

Melalui orasi ilmiah mengenai implementasi digital marketing inilah, Prof. Indrawati secara resmi dikukuhkan oleh Rektor Telkom University sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Digital Marketing Management, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Riset ini diharapkan mampu menjadi tonggak prestasi bagi Tel-U dalam memberikan manfaat seluas-luasnya, terutama pada bidang digital marketing. 

Penulis: Isnaini Amirotu N | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *