Telkom University Kembali Kukuhkan 3 Guru Besar Multidisiplin Ilmu 

Telkom University Kembali Kukuhkan 3 Guru Besar Multidisiplin Ilmu 

Telkom University (Tel-U) menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat dalam rangka pengukuhan tiga guru besar baru dalam berbagai disiplin ilmu. Rangkaian prosesi sidang yang dilaksanakan pada Selasa (19/12) di Auditorium Gedung Damar ini merupakan momen berharga dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Melalui kesempatan ini, tiga profesor dinyatakan memenuhi syarat untuk menerima gelar tertinggi dalam karir akademis mereka. 

Pengukuhan ini merupakan bentuk penghargaan dan pengakuan atas kontribusi serta komitmen yang telah ditunjukkan oleh ketiga guru besar pada pengembangan ilmu pengetahuan. Para guru besar tersebut adalah Prof. Dra. Indrawati, M.M., Ph.D. dengan keahlian dalam bidang Ilmu Digital Marketing Management, Prof. Dr. Achmad Rizal, S.T., M.T. dengan keahlian dalam bidang Ilmu Instrumentasi Biomedis, dan Prof. Dr. Indrarini Dyah Irawati, S.T., M.T. dengan keahlian Bidang Ilmu Jaringan dan Multimedia. 

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa jabatan guru besar atau profesor merupakan posisi akademik tertinggi dan mengemban amanah yang besar. Para guru besar diharapkan menjadi teladan kebaikan (uswatun hasanah) dalam membangun lingkungan akademik dan riset yang lebih baik. 

“Sejalan dengan itu, semoga akan bermunculan guru besar terbaru yang tidak hanya untuk mengharumkan nama besar Telkom University maupun Telkom Group tapi juga untuk berkontribusi dalam kebaikan serta berkontribusi untuk bangsa dan dunia,” ungkap Adiwijaya. 

Mewakili Direktur Utama Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), Andi Joko Cahyono, S.T. selaku Direktur Higher Education YPT menyampaikan selamat atas dikukuhkannya tiga guru besar baru. Disampaikan juga apresiasi kepada seluruh stakeholder yang telah mengawal seluruh rangkaian proses pengukuhan guru besar ini. 

“Semua pencapaian dan karunia yang diberikan ini hendaknya menjadi pemicu bagi rekan-rekan Universitas Telkom semua agar ke depan mampu membuktikan dan memberikan manfaat pada umat manusia dan alam semesta,” ucap Andi. 

Kepala LLDIKTI IV, Dr. M. Samsuri, M.T., IPU. dalam sambutannya secara daring turut menyampaikan rasa syukur dan selamat atas dikukuhkannya tiga guru besar baru. Rasa syukur ini diharapkan juga dibarengi dengan peningkatan kontribusi pada pengembangan karya-karya inovasi, riset, dan pengabdian kepada masyarakat. 

“Saya berharap dengan bertambahnya guru besar ini dapat memperkuat tata kelola Universitas Telkom dan semakin kokoh dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat serta menjadi katalisator pada dosen-dosen lainnya untuk menggapai jabatan akademik yang lebih tinggi,” ujar Samsuri. 

Pengukuhan guru besar ini juga turut dihadiri oleh para pimpinan fakultas, jajaran direktur, kaprodi, ketua kelompok keahlian, dosen, mahasiswa, dan tokoh penting dalam dunia akademik serta industri. Prosesi ini juga diisi dengan pidato motivasi dan orasi ilmiah dari ketiga guru besar yang baru dikukuhkan, dimana mereka membagikan temuan dan pandangannya tentang masa depan sains dan inovasi di Indonesia serta dedikasi mereka untuk berkontribusi pada masyarakat melalui riset dan pendidikan. 

Spesialisasi multidisiplin ilmu ketiga guru besar ini menunjukkan dedikasi Tel-U sebagai pusat pengembangan akademik dan penelitian yang paripurna. Representasi dari berbagai disiplin ilmu ini diharapkan dapat memantik kolaborasi antar bidang di Tel-U, yang akan menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan negara. 

Pengukuhan ini merupakan momen krusial dalam sejarah Tel-U sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia, menunjukkan komitmen kuat Tel-U dalam mendorong keunggulan akademik dan penelitian. Tel-U bertekad untuk terus mendukung para akademisi dan peneliti berbakat dalam menghadapi tantangan masa depan. 

Penulis: Budhi Leksona Anwar| Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *