Wynberg & The Comrades Marathon, Brothers in an Endless Chain

Wynberg & The Comrades Marathon, Brothers in an Endless Chain

Ikuti Bendera Wynberg di Facebook

Diperbarui pada 09h00, 11 Juni 23

Pada hari Minggu 11 Juni 23 Staf-atlet WBHS, Bapak Esmund van Wyk dan Blake Rimmer, akan berangkat dari Pietermaritzburg pada maraton Kamerad ke-96, maraton ultra tertua dan terpanjang di dunia. Dalam perlombaan yang melambangkan semangat Wynberg Supera Moras kami untuk mengatasi rintangan, kami berharap mereka baik-baik saja dan sukses dalam apa yang disebut “Ras Manusia Tertinggi”. Dan berkat teknologi, kami akan bersama mereka di setiap langkah saat kami melacak kemajuan mereka dalam perjalanan panjang menuju Stadion Kingsmead di Durban.

Sementara prestasi lari jarak jauh Mr Van Wyk & Mr Rimmer terkenal di komunitas Wynberg kami, yang mungkin kurang terkenal adalah hubungan sejarah Wynberg yang luar biasa dengan Comrades Marathon. Pendiri bangsa, Vic Claphamadalah Anak Tua Wynberg, begitu pula pemenang termuda, Phil Masterton-Smith pada tahun 1931 hanya beberapa bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-20.

Mungkin kebetulan bahwa Vic Clapham akhirnya diberi izin untuk mengadakan Comrades Marathon pertama pada tahun 1921, tahun yang sama Wynberg mengadopsi ‘Supera Moras’ sebagai moto kami – konsep pendirian Clapham adalah untuk merayakan dan menghormati jatuhnya Perang Dunia I. kawan-kawan dalam perlombaan ketahanan untuk menguji tubuh dan pikiran. Dan sementara ribuan telah berhasil dalam tantangan, dan banyak yang telah menjadi nama rumah tangga dalam upaya mereka dalam perlombaan, hanya sedikit yang bisa menandingi kisah luar biasa Masterton-Smith:

Berada di urutan kedua pada tahun 1930, menang pada tahun 1931, dan finis ke-6 pada tahun 1932, kisah masuknya pada tahun 1933 adalah salah satu komitmen murni. Tidak mampu membayar ongkos kereta api dari Cape Town selama Depresi 90 tahun yang lalu, dia bersepeda sejauh 1730 km untuk memulai, berlari maraton, dan finis kesepuluh.

Pada tahun 2011, kisah tentang hasrat, kemauan, dan kesuksesan satu orang ini melawan rintangan yang menginspirasi mantan pelatih hoki WBHS dan Bishops Old Boy John MacInroy, bersama dengan Paul Blake dan WP & Lourens van Zyl, untuk meniru perjalanan keberanian dan ketahanan Masterton-Smith . dengan bersepeda dari Cape Town ke Pietermaritzburg dan menjalankan Comrades keesokan harinya. Tantangan Unogwaja untuk mengumpulkan uang untuk amal (‘Unogwaja’ julukan yang diberikan kepada Masterton-Smith, Zulu untuk ‘kelinci’) berangkat dari Cape Town, dengan empat pengendara sepeda dengan bangga menemani 50 km pertama perjalanan oleh Klub Bersepeda WBHS kami.

Banyak Wynberg Old Boys telah memenangkan medali Kamerad yang berharga selama seabad terakhir, dan kami memuji ‘duo’ staf pertama kami sebagai mereka membawa Bendera Wynberg kami mengikuti jejak saudara-saudara kita dalam rantai yang tak ada habisnya.

Super Moras

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *